• 28 September 2021

Diet Sehat Dengan Buah Murbei

uploads/news/2021/07/diet-sehat-dengan-buah-554277fceffaaa1.jpg
SHARE SOSMED

"Penelitian juga menemukan efek makan buah ini sebagai anti-obesitas, sehingga baik untuk menurunkan berat badan"

JAKARTA - Murbei atau mulberry adalah buah beri beraneka warna yang umumnya tumbuh di Amerika Utara dan benua Asia. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga sering diolah menjadi jus, teh, minuman anggur, atau dikeringkan seperti kismis. dilansir dari healthline, murbei segar terdiri dari 88% air dan hanya memiliki 60 kalori per cangkir (140). Dalam 140 gram mulberry, mereka menyediakan 9,8% karbohidrat, 1,7% serat, 1,4% protein, dan 0,4% lemak jadi buah ini sangan cocok untuk sahabat tani yang sedang menjalani program diet.

Buah murbei (morus alba) yang memliki rasa asam manis ini diketahui berasal dari Asia, khususnya Cina. Meskipun bentuk namanya mirip buah berry, namun murbei justru masih satu keluarga dengan buah sukun atau buah ara. Manfaat buah murbei ternyata tidak banyak diketahui orang. Hal ini mungkin karena buah murbei kalah populer dibandingkan apel, pepaya, atau alpukat. Padahal khasiatnya tak kalah dengan buah-buahan lainnya.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Cegah Covid-19

Mendukung Diet Menurunkan Berat Badan

Selain rendah kalori namun padat gizi, buah murbei juga kaya serat yang sangat baik untuk menjadi menu diet. Penelitian juga menemukan efek makan buah ini sebagai anti-obesitas, sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Penelitian yang sama turut menunjukkan bahwa pemberian bubuk murbei membantu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total. Selain itu, ekstrak buah beri ini juga meningkatkan jumlah kolesterol HDL yang baik bagi tubuh.

Baca juga: Sayuran-Sayuran Kecil Sejuta Manfaat

Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL, buah bercita rasa manis ini juga turut melindungi kesehatan jantung sahabat tani. Ini karena kolesterol LDL yang menumpuk dapat membentuk plak pada pembuluh darah sehingga memicu penyakit jantung.

Meredakan Peradangan

Selain memberikan manfaat untuk otak, zat C3G pada buah murbei juga memiliki efek antiradang yang kuat. Studi terdahulu pun menunjukkan bahwa pemberian buah ini secara rutin dapat meredakan gejala pada tikus yang mengalami peradangan sendi.

Baca juga: Tempe, Hadiah Indonesia Untuk Dunia

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat buah murbei juga dipercaya berguna untuk penderita diabetes tipe 2 yang mampu menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena kandungan 1-deoxynojirimycin (DNJ) dalam buah ini.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App