• 28 September 2021

Tempe, Hadiah Indonesia Untuk Dunia

uploads/news/2021/07/tempe-hadiah-indonesia-untuk-811552e3b01567d.jpg
SHARE SOSMED

"di Jepang pun tempe menjadi makanan sehari-hari, mulai dari sarapan hingga makan malam"

JAKARTA - Siapa yang gtidak kenal tempe? makanan khas tanah air yang berbahan utama kedelai ini ternyata makin mendunia loh sahabat tani. Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga karena tempe yang ada di Indonesia dapat merancah ke dunia. Mungkin di Indonesia tempe sudah menjadi makanan yang biasa dan mudah didapatkan dimana saja. Namun, tempe di negara tetangga sangat diminati oleh para warganya dengan pengolahan yang berbeda.

Salah satunya warga Indonesia yang kini tinggal di Jepang ia bekerja sebagai pengusaha tempe di Jepang dan memiliki pabrik tempe di Jepang. Rustono Pria kelahiran Grobogan, Jawa Tengah inilah yang membawa tempe menjadi “Hadiah Indonesia Untuk Dunia”

Baca juga: Tanaman-Tanaman Penghilang Stres Saat Pandemi

Rustono memproduksi 10.000 bungkus setiap lima hari dan dikirim ke lebih dari 1.000 titik di Jepang, meliputi restoran, catering sekolah, hotel, toko-toko Asia, dan masih banyak lagi. Melansir BBC News.

Banyak warga asing yang tidak menyangka saat pertama kali mencicipi tempe goreng, yang terpikir adalah hanya kacang goreng. Di Jepang pun tempe menjadi makanan sehari-hari, mulai dari sarapan hingga makan malam.

Rustono memilih untuk mengembangkan bisnisnya untuk keluarga. Pembuatan tempe yang cukup sulit, membutuhkan kerja keras setiap malam, serta proses pembuatannya pun perlu memperhatikan suhu yang terkadang berubah, karena berada di Negara yang memiliki banyak musim.

Baca juga: Manfaat Stroberi Untuk Ibu Hamil

Di Jepang tempe diolah menjadi makanan siap saji bahkan diolah seperti makanan restoran bintang 5. Ada yang membuatnya dalam bentuk tempe berge dicampur taco, sandwich, bahkan steak tempe. Tempe mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, serta vitamin B2, B3, B9, dan B6 yang berperan sebagai energy dan sel darah merah yang sehat.

Mengkonsumsi tempe juga bisa mendapatkan khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Seperti mengendalikan kadar kolesterol, baik untuk diet, serta meningkatkan kesehatan tulang. Kalau sahabat tani, tim tempe atau tahu nih?

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App