• 20 September 2021

Sayuran-Sayuran Kecil Sejuta Manfaat

uploads/news/2021/07/sayuran-sayuran-kecil-sejuta-manfaat-5359361c50d51a4.jpg
SHARE SOSMED

"Jika mengkonsumsi sayuran mungil ini sahabat tani bisa mendapatkan manfaat yang sangat beragam seperti mampu menurunkan risiko penyakit jantung.."

JAKARTA – Sahabat tani jika membeli sayur mayur lebih pilih yang kecil atau yang besar? Kecil besar ukuran sayur sebenarnya tidak jadi masalah, namun sahabat tani tahu tidak bahwa sayur-sayuran yang berukuran kecil ternyata memiliki banyak manfaat loh untuk tubuh kita.

Di masa PPKM seperti ini sahabat tani bisa menghemat dan menggunakan waktu luang untuk menanam sayur-sayuran yang biasa dikonsumsi, daripada harus membeli ke pasar. Tidak perlu lahan yang luas, karena beberapa sayuran inipun bisa dibilang sangat mini, sehingga dapat ditanaman di dalam pot saja.

Baca juga: Tempe, Hadiah Indonesia Untuk Dunia

Tanaman atau sayuran kecil ini biasa disebut dengan microgreens alias vegetables confetti. Microgreens yaitu bibit sayuran yang dipanen sekitar 7-14 hari yang setelah itu mulai berkecambah dan muncul daun mudanya. Sayuran hijau mungil dengan tinggi sekitar 2,5 hingga 7,5 cm ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh loh sahabat tani.

Sayuran muda ini memiliki masa tanam yang lebih cepat dan mudah sekali dipanen. Hanya dalam waktu kurang lebih 21 hari sayuran ini sudah bisa dipanen dan dimasak.

Beberapa sayuran mungil microgreen yang bisa ditanam dan sering ditemui adalah kemangi, seledri, sawi, daun ketumbar, bayam, kangkung, peterseli, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tanaman-Tanaman Penghilang Stres Saat Pandemi

Sayuran hijau mungil ini dipercaya memiliki gizi tinggi dibandingkan sayuran dewasa yang dipanen saat cukup usianya. Selain itu sayuran hijau mungil ini mengandung kaya enzim yang mudah untuk dicerna. Mengandung vitamin, mineral, antioksidan, betakaroten, minyak nabati, dan protein.

Jika mengkonsumsi sayuran mungil ini sahabat tani bisa mendapatkan manfaat yang sangat beragam seperti mampu menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan risiko penyakit Alzheimer, mampu menurunkan risiko terkena berbagai jenis penyakit kanker, dan mencegah diabetes.

Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan ya sahabat tani, karena dimasa pandemi seperti ini tubuh kita membutuhkan banyak vitamin untuk kekebalan tubuh terhindar dari virus Covid-19.

Baca juga: Jus Untuk Jaga Imun Tubuh

 

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App