• 28 September 2021

PPKM Darurat, Berkebun Jadi Pilihan

SHARE SOSMED

"Menurutnya, mempunyai lahan terbatas bukan halangan untuk tidak berkebun, karena di zaman sekarang kita bisa menggunakan media dan cara apapun untuk bisa berkebun di rumah"

JAKARTA - Sahabat tani, melonjaknya kasus positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir membuat pemerintah melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat dalam waktu dekat.

Dengan diterapkannya peraturan ini, maka waktu sahabat tani bersama keluarga di rumah akan bertambah. Agar tidak bosan kala mengisi waktu senggang selepas bekerja, ada beberapa kegiatan yang bisa sahabat tani lakukan di rumah selama masa PPKM darurat dilaksanakan.

Baca juga: Menanam Terong di Rumah Sendiri

Berkebun salah satunya, kegiatan ini termasuk kegiatan yang banyak digemari, karena selain menyalurkan hobi juga bisa mendapatkan hasil, terutama mereka yang menanam buah dan sayuran. Seperti yang dilakukan Manin, warga Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta ini memilih untuk mengisi kegiatan selama di rumah saja dengan berkebun.

Menurutnya, mempunyai lahan terbatas bukan halangan untuk tidak berkebun, karena di zaman sekarang kita bisa menggunakan media dan cara apapun untuk bisa berkebun di rumah. "Sebenarnya, lahan di rumah saya itu tidak terlalu luas tapi karena memang hobi saya bercocok tanam, apalagi saat ini kita bisa bercocok tanam dengan sistem hidroponik, vertical garden, dan lain-lain," ujarnya saat ditemui Jagadtani.id belum lama ini.

Baca juga: Khasiat Jamu untuk Kesehatan Ayam

Bagi Manin, Selain menyehatkan berebun juga dapat memberikan kita hasil panen yang kita tuai sendiri jadi membuat rasa kepuasan yang didapat lebih meningkat. Manfaat lainnya, berkebun merupakan salah satu cara menghijaukan rumah juga berguna untuk meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi tingkat kecemasan.

"Ada beberapa sayuran yang saya tanamn di rumah, yaitu pakcoy, bawang merah, kangkung, bayam, sawi. Kalau buahnya saya nanam pisang, terong, dan labu," ungkap pria yang bekerja di Kementrian Pertahanan tersebut.

Baca juga: Panen Pakcoy di Depan Rumah

Manin mengatakan berkebun merupakan solusi yang tepat untuknya ketika dirumahkan oleh kantor. "Saya kan tadinya setiap hari masuk kerja senin sampai jumat tapi semenjak PPKM di rumahkan 100%," tambahnya.

Bapak dua anak itu juga merekomendasikan sahabat tani yang  ingin memulai kegiatan ini bisa dipertimbangkan dengan memilih untuk menanam tanaman hias, bunga atau sayur-sayuran.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App