• 19 September 2021

Panen Pakcoy di depan Rumah

SHARE SOSMED

"Penyulaman pada tanaman yang mati dilakukan paling lambat satu minggu setelah tanam dan penyiangan gulma pada umur dua minggu setelah tanam"

Jakarta - Sahabat tani doyan pakcoy? Tanaman asal China dan Asia Timur ini bisa sahabat tani tanam sendiri dengan teknik apapun di rumah loh. Penasaran gimana caranya? Seperti yang dilakukan Manin, Warga Asal Jl. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini mencoba menanam pakcoy dengan sistem organik menggunakan tanah.

Baca JugaCara Mudah Budidaya Pakcoy

“Siapkan tempat persemaian, berupa bedengan dengan media semai setebal yang diinginkan. Kalau saya menggunakan tanah dan sekam bakar yang sudah dicampur. media semai dibuat dari pupuk organik dan tanah yang telah dihaluskan dengan perbandingan 1:1. Benih direndam dengan larutan Previkur N dengan konsentrasi 0,1% selama ± 2 jam, kemudian dikeringkan. Selanjutnya benih disebar merata di atas bedengan persemaian yang telah disiram terlebih dahulu, kemudian ditutup kembali dengan media semai. Ukuran persemaian 1x10m, selanjutnya ditutup dengan jerami kering selama 2-3 hari,” Tutur Manin.

Baca JugaMembuat Bibit Kemangi Sendiri

Salah satu jenis sayuran hijau ini sekilas tampak seperti caisim. Padahal, jika diperhatikan dengan lebih baik, bentuk dan teksturnya berbeda ya sahabat tani.“kalau ditanam pada saat musim kemarau lakukan penyiraman, sejak awal tanam sampai waktu panen.

Baca JugaMenanam Terong Di rumah Sendiri

Penyulaman pada tanaman yang mati dilakukan paling lambat satu minggu setelah tanam dan penyiangan gulma pada umur dua minggu setelah tanam,” Tambahnya. Manin juga menyampaikan pengendalian hama dan penyakit pemeliharaan dilakukan mulai dari persemaian hingga panen. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit tanaman, ia sama sekali tidak menggunakan pestisida.

Baca JugaMenanam Timun Di Pekarangan Rumah

Hanya melakukan penyiraman menggunakan air bersih setiap harinya. Sayuran yang memiliki sedikit rasa manis ini secara fisik mempunyai daun dan batang yang agak bulat menyerupai mangkok dengan tekstur yang renyah saat digigit. Jika sahabat tani termasuk penggemar sayuran ini, yuk coba menanamnya sendiri di rumah. Sawi pakcoy bisa ditanam dengan teknik hidroponik dan panen dalam waktu sebulan. Selamat mencoba!

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App