• 17 April 2024

Bunga Paling Harum di Dunia

uploads/news/2021/06/bunga-paling-harum-di-5854357ec140b11.jpg

"Harumnya bunga jasmine atau melati telah membuatnya sebagai bunga yang sangat populer di seluruh dunia"

JAKARTA - Bunga yang berpenampilan indah sudah menjadi hal yang menarik bagi siapa saja yang memandangnya, jika ditunjang dengan aroma yang wangi, tentu saja akan menambah daya tariknya. Terlebih jika aromanya hanya merebak di waktu tertentu saja. Hal itu pasti akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi para pecinta bunga.

Jasmine

Jika di Indonesia, bunga ini disbeut melati. Harumnya bunga jasmine atau melati telah membuatnya sebagai bunga yang sangat populer di seluruh dunia. Ada lebih dari 200 spesies dan di Indonesia salah satu jenisnya yaitu melati putih, digunakan sebagai simbol nasional. Bahkan, di beberapa negara bunga keringnya digunakan sebagai teh dan bahan baku parfum. di Indoneisa sendiri ada mitps yang mengatakan bahwa jika mengonsumsi bunga ini para wanita akan terlihat lebih awet muda dan memiliki kulit yang tidak akan keriput.

Baca juga: Alasan Mawar jadi Simbol Cinta

Mawar 

Siapa yang tidak tahu bunga satu ini? Bunga yang sangat populer sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang. Sebelum berkembangnya teknologi hortikultura, mawar di zaman dulu justru sangat berbau harum. Namun kini banyak muncul kultivar baru yang justru tidak berbau (misalnya rosa banksiae). Sebagai komoditas yang bernilai ekonomi tinggi, mawar banyak digunakan untuk bunga potong dan parfum. 

Frangipani 

Frangipani disebut juga sebagai kamboja. Frangipani menjadi simbol kota Palermo di Sisili Itali dan merupakan bunga kebangsaan Nikaragua. Di pasaran harga per Kg Frangipani bisa mencapai Rp. 20.000 – Rp. 40.000 yang digunakan sebagai bahan pengharum, kosmetik dan spa. 

Baca juga: Asal Usul Anggrek di Indonesia

Sweet Pea

Terkenal karena bunganya yang sangat wangi, sweet Pea berupa tanaman merambat yang tingginya 1-2 meter. Sejak lebih dari 300 tahun silam “si kacang polong manis” ini telah dikembangbiakkan sebagai tanaman hias. Bunganya muncul dalam nuansa warna yang berbeda dari merah ke pink, atau putih ke kuning ditambah kombinasi keduanya.

Chocolate Cosmos

Bunga ini cocok bagi sahabat tani yang penggemar coklat. Chocolate Cosmos  berasal dari Meksiko dan berwarna merah gelap. Aroma vanili yang harum dan mirip permen coklat muncul saat bunga ini mekar di musim panas. Meski aromanya menarik, jangan pernah tergoda untuk mencicipi bunganya yang beracun. 

Baca juga: Bunga Matahari di Rooftop Mall

Related News