• 26 April 2024

Alasan Mawar Jadi Simbol Cinta

uploads/news/2021/06/alasan-mawar-jadi-simbol-852208ea5fe3f83.jpg

"Berdasar sebagian kebiasaan, memberi 1 merah mawar bermakna “Kamu hanya satu orang yang kucintai"

JAKARTA - Bagi insan yang sedang jatuh cinta untuk memikat lawan jenis biasanya bunga yang satu ini selalu menajdi andalan. Jika ada pertanyaan, bunga apa yang paling sering dijadikan sebagai lambang atau simbol rasa cinta seseorang kepada orang yang spesial dalam hidupnya. Semua pasti dengan sepakat bunga mawar, mawar merah khususnya.

Cinta adalah sebuah perasaan yang setiap orang tentu memiliki caranya masing-masing untuk mengungkapkannya. Bunga mawar merah yang melambangkan cinta tentu saja kerap digunakan sebagai simbol untuk menunjukkan perasaan itu.

Baca juga: Alasan Mengapa Kelinci disebut 'Playboy'

Ternyata awal mula mengapa bunga mawar merah menjadi simbol atau lambang cinta berawal di pertengahan abad yang terjadi di Italia. Alkisah ada seorang pemuda kala itu yang jatuh cinta kepada seorang gadis bangsawan. 

Dilansir dari berbagai sumber, bunga mawar sudah menjadi lambang cinta sejak zaman dulu. Hal ini berawal dari cerita legenda Yunani serta Romawi kuno, yakni kisah cinta antara Venus atau Aphrodite, si Dewi Cinta dengan Adonis. Kala itu, Venus sedang mencari kekasihnya hingga berlari ke dalam semak-semak bunga mawar.

Baca juga: Unik, Begini Cara Semut Berkomunikasi

Ketika melewati semak-semak, duri-duri mawar yang tajam menusuk lalu menggores tangan dan kaki Venus. Darahnya pun jatuh pada setiap helai bunga mawar tersebut. Karena perjuangannya mencari sang kasih, Venus rela membiarkan dirinya terkena duri-duri dari tangkai mawar. Sejak saat itulah mawar identik dengan lambang cinta.

Laman Rose Festival Kazanlak menceritakan bahwa dalam mitologi Romawi, orang-orang kaya Roma lebih suka menggunakan bunga mawar merah untuk melambangkan cinta dan kecantikan. Para dewi memanjakan tubuh mereka dengan mandi bunga mawar. Sedangkan laman Desert Sun juga mengatakan, orang-orang kaya di Roma akan memenuhi kamarnya dengan bunga mawar sebelum mulai bercinta. Hal ini dilakukan agar tempat tidur menjadi lebih lembut dan nyaman.

Baca juga: Asal Usul Anggrek di Indonesia

Bunga mawar berwarna merah bukan sekedar membawa makna yang lebih dari pada bunga mawar dengan warna lain, juga satu diantara lambang yang paling universal. Histori panjang dari mawar merah sudah membuatnya begitu populer. Mawar merah sudah diwakili dalam karya seni yang tidak terhitung jumlahnya, dari lukisan classic serta puisi dan musik moderen serta media.

Mereka sudah nampak di selama histori serta di banyak budaya sebagai lambang politik serta agama. Kesan mistik dari mawar merah sudah jadi sumber ide yang tidak terarah untuk banyak selama jaman. Tetapi, sebagai lambang untuk cinta, mawar merah paling umum di kenal.

Baca juga: Banteng Sebagai Simbol Kekuatan Saham

Dari semuanya tipe bunga mawar, mawar merah yaitu lambang paling utama dari cinta yang melambangkan cinta serta gairah. Memberi mawar merah pada seorang mengisyaratkan “Aku mencintaimu”. Berdasar sebagian kebiasaan, memberi 1 merah mawar bermakna “Kamu hanya satu orang yang kucintai”.

Related News