• 26 April 2024

Dibalik Berdirinya Perusahaan Cokelat

uploads/news/2021/06/dibalik-berdirinya-perusahaan-cokelat-28250d1c06ddef6.jpg

"Dalam beberapa minggu terakhir, ketika kita telah melihat peningkatan aktivitas ekonomi dan karena itu diminati, kelompok-kelompok besar menolak untuk membayar LID,"

JAKARTA – Cokelat merupakan makanan yang banyak disukai semua orang. Rasanya manis dan menyenangkan dinikmati membuat cokelat sebagai makanan favorit beberapa orang. Baru- baru ini di Afrika, pedagang cokelat terbaik di Pantai Gading melaporkan beberapa perusahaan yang tidak melakukan pembayaran premi $ 400 per ton pada kakao yang bertujuan untuk membatasi kemiskinan petani. Coffee and Cocoa Council (CCC) mengatakan perusahaan-perusahaan termasuk Mondelez International Inc (MDLZ. O) menanggapi kesepakatan Living Income Differential (LID) dengan mengusulkan diferensial negara negatif, biasanya premi 70 hingga 150 pound ($ 99 - $ 212) per ton untuk mencerminkan kualitas kakao Pantai Gading.

Baca juga: Ubi Ungu Obati Penyakit Dalam

Mondelez sendiri merupakan perusahaan makanan dan minuman yang berkantor pusat di Amerika Serikat memiliki anak perusahaan Cadbury, Nabisco, LU, Freia dan sebagainya. Mondelez mengatakan membayar penuh LID. "(Mondelez) tidak membenarkan atau memiliki pengaruh apa pun atas diferensial negara negatif," jelas perusahaan itu dalam sebuah pernyataan melansir Reuters. Living Income Differential (LID) diberlakukan pada tahun 2019 oleh pemerintah Ghana dan Cote d'Ivoire, untuk menerapkan premi $ 400 / ton pada harga ekspor kakao dari tanaman.

Pendapatan tambahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan keluarga petani agar membantu mencapai pendapatan para petani Afrika Barat. Banyaknya dari pembeli yang menekan harga agar diferensial negara diubah menjadi diskon negara, sehingga petani menerima uang tunai tambahan dengan tujuan harga tetap kompetitif secara global. Berdasarkan data, berikut lima negara penghasil kakao terbesar, diantaranya ada Indonesia loh sahabat tani.

Baca juga: Sorgum, Pengganti Nasi Kaya Manfaat

Urutan pertama diisi dengan Pantai Gading sebanyak 2.034.000 ton. Selanjutnya ada Ghana sebanyak 883.652 ton, lalu urutan ketiga ada Indonesia sebanyak 659. 776 ton, kemudian Nigeria sebanyak 328.263 ton, dan Kamerun sebanyak 295.028 ton. "Dalam beberapa minggu terakhir, ketika kita telah melihat peningkatan aktivitas ekonomi dan karena itu diminati, kelompok-kelompok besar menolak untuk membayar LID," kata CCC.

Produsen kakao top dunia telah menutup pembicaraan dengan eksportir atas harga kakao sebagai tanaman penghasil produktivitas panen luar biasa (bumper) dan melemahnya permintaan global yang disebabkan oleh pandemi virus corona, ditambah dengan pengenalan LID, yang dapat mendorong penjualan. "(Kami akan) menghentikan semua program keberlanjutan dan sertifikasi Mondelez yang sedang berlangsung dengan Cargill, serta semua eksportir lainnya," kata seorang pejabat di CCC.

Baca juga: Melambung Tinggi Potensi Kopi Merapi

Pada bulan November, Pantai Gading dan Ghana mengundurkan Hershey Co (HSY. N) program keberlanjutan kakao di negara mereka selama enam hari, menuduh pembuat cokelat yang berbasis di AS berusaha menghindari membayar LID. "Berbeda dengan Hershey, kali ini kita akan konsisten pada pembuat cokelat yang ingin melewati LID. Bagi kami ini tidak dapat diterima," ungkap pejabat CCC tersebut.

Faktanya di tahun 2020, sempat terjadi pertempuran yang telah merajalela antara perusahaan cokelat Hershey dan petani Afrika Barat yang memanen banyak biji kakaonya. Dan tampaknya petani mungkin telah mencetak kemenangan langka. Perselisihan dimulai pada bulan November, ketika pedagang industri kakao memperhatikan bahwa sumber yang tidak disebutkan namanya telah membeli begitu banyak biji kakao di pasar berjangka sehingga harga naik lebih dari 30 persen.

Baca juga: Meraup Cuan dari Lebah Klanceng

Industri kakao yang erat dengan cepat menduga bahwa pembelinya adalah Hershey. Tetapi Dewan Kopi dan Kakao dan Dewan Kakao Ghana lebih langsung dengan tuduhan mereka ketika mereka menulis surat kepada Hershey berjudul "Penyalahgunaan pasar derivatif untuk memiskinkan petani Afrika Barat," Kelompok-kelompok itu menulis bahwa mereka "telah mengamati dengan sangat prihatin tindakan yang diambil oleh perusahaan tersebut di terminal New York" dan menuduh Hershey menggunakan "pertukaran untuk mengambil pengiriman kakao fisik, ini adalah pemerasan di Bursa ICE AS dan indikasi yang jelas tentang niat perusahaan tersebut untuk menghindari pembayaran Diferensial Pendapatan Hidup (LID)," tutupnya.

Related News