• 29 March 2024

Ubi Ungu Obati Penyakit Dalam

uploads/news/2021/06/ubi-ungu-obati-penyakit-886903a833a5cb7.jpg

"Ubi ungu mampu mencegah berbagai jenis kanker pada manusia, dikarenakan memiliki antioksidan efek antioksidan, anticarcinogenik dan anti-inflamasi"

JAKARTA - Siapa sahabat tani penggemar ubi ungu?  Manfaat ubi ungu ternyata tidak sepopuler dengan jenis umbi-umbian lainnya, seperti ubi jalar atau kentang. Apalagi makanan ini ternyata bukan asli Nusantara melainkan dari Amerika yang dikembangkan di Jepang. Ubi ungu (Ipomoea batatas L) juga dikenal dengan nama purple sweet potato, purple yam, atau Okinawa sweet potato karena Jepanglah yang menyebarkan. Nama potato dikenakan karena bentuknya yang mirip kentang.

Dibandingkan ubi jalar biasa, ubi ungu memang banyak perbedaannya. Selain warnanya, aroma ubi ungu lebih khas. Begitu juga rasanya yang bervariasi dari manis, agak manis, pahit, dan agak pahit. Yang membuat unik ubi ini adalah warna ungunya yang disebabkan kandungan antosianin dan antioksidannya. Kandungan ini pula yang sangat berkhasiat bagi kesehatan dan menyembuhkan penyakit dalam loh sahabat tani.

Ubi ungu bisa membantu turunkan tekanan darah karena terdapat kandungan antioksidan didalamnya. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa ubi busa menyehatkan usus, karena terdapat pasti resisten dari ubi ungu yang mampu meningkatkan bifidobacteria (bakteri pada usus). Ubi ungu memiliki beberapa kandungan seperti serat, antioksidan, mineral, dan vitamin B sehingga bantu mengendalikan peradangan jantung dan pembuluh darah, Ubi ungu mampu mencegah berbagai jenis kanker pada manusia, dikarenakan memiliki antioksidan efek antioksidan, anticarcinogenik dan anti-inflamasi.

Baca juga: Sorgum, Pengganti Nasi Kaya Manfaat

Menangkal Penuaan Dini

Kandungan antosianin dan polifenol dalam umbi ini juga berguna dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Mengonsumsi ubi ungu secara rutin mampu menghalau kerutan, flek hitam, maupun tanda penuaan dini pada wajah.

Mencegah dan Mengatasi Kanker

Manfaat ubi ungu juga ampuh dalam menangkal beragam jenis kanker. Sejumlah penelitian menemukan khasiat ubi ini dalam menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Ini tentunya merupakan kabar gembira bagi banyak orang.

Baca juga: Tips Terong Ungu Berbuah Lebat

Melancarkan Pencernaan

Kandungan antosianin dalam ubi ini juga berguna dalam melancarkan metabolisme pencernaan. Jika sahabat tani mengalami gangguan pencernaan bisa mencoba makan umbi yang satu ini.

Meredakan Peradangan

Nutrisi dalam ubi ungu ternyata juga bersifat antiinflamasi yang berguna untuk meredakan peradangan. Konsumsi ubi ungu rebus untuk mengurangi radang tenggorokan, radang sendi, maupun radang tubuh lainnya.

Baca juga: Ini Khasiat Tempe Cegah Diabetes

Menangkal Pembekuan Darah

Keistimewaan lain dari ubi ungu adalah adanya kandungan asam klorogenik yang berkhasiat dalam mencegah dan menangkal pembekuan darah. Asam ini dapat mencegah pembentukan benang fibrin saat darah membeku.

Menyembuhkan Asam Urat

Manfaat ubi ungu bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan antosianin dalam ubi ini mampu menurunkan dan menekan kadar asam urat tubuh.

Baca juga: Tips Tingkatkan Imun Dengan Herbal

Related News