• 31 July 2021

Kelahiran Bayi Orangutan GL Zoo

uploads/news/2021/06/kelahiran-bayi-orangutan-gl-7472264917162ef.jpg
SHARE SOSMED

"Kami turut gembira dengan kelahiran bayi orangutan yang menambah daftar koleksi di GL Zoo.."

JAKARTA - Kabar gembira datang dari GL Zoo, Seekor bayi orangutan dengan berat 1,57 Kg lahir di GL Zoo, Jumat (4/6). Berdasarkan keterangan petugas, pasca kelahiran bayi orangutan di GL Zoo dilakukan pengamatan perilaku dan pemberian pakan secara normal kepada induk orangutan, namun tidak dijumpai adanya aktivitas menyusui dari induk orangutan kepada bayi orangutan tersebut.

Pengamatan terhadap kondisi induk dan bayi orangutan GL Zoo dilakukan secara intensif untuk memantau kondisi induk dan anaknya. Sehari setelah kelahiran bayi orangutan masih belum terpantau adanya aktivitas menyusui dari induk orangutan. Petugas berupaya melakukan training agar induk mau mendekat dan menyusui.

Baca juga: Hewan Paling Cerdas di Bumi

Namun karena belum ada pergerakan dari induk untuk menyusui anaknya, pemberian susu dilakukan oleh petugas kepada bayi orang utan dan selanjutnya secara berkala susu diberikan setiap 3 jam. Sementara itu terpantau perilaku induk menjadi sangat agresif di malam hari.

Pengamatan terhadap induk dan anak orangutan tersebut terus dilakukan oleh petugas, hingga dua hari setelah kelahiran masih belum terpantau adanya aktivitas menyusui oleh induk orangutan. Pengelola GL Zoo selanjutnya memutuskan untuk mengambil langkah membius induk orangutan dan melakukan pengecekan payudara induk. Setelah dipompa diperoleh air susu induk +/- 20 ml sehingga diputuskan untuk dilakukan hand-rear (rawat manusia) terhadap bayi orangutan tersebut.

Baca juga: Filosofi Roti Buaya Adat Betawi

Dua hari pasca hand-rear, terpantau kondisi induk normal. Bayi orangutan juga terpantau dalam kondisi baik dengan suhu tubuh stabil dan lancar meminum susu 150-160 ml/hari sesuai berat badannya yang telah mengalami kenaikan menjadi 1,61 Kg. Proses urinasi dan feses bayi orangutan lancar. Pemantauan lanjutan akan dilakukan melalui observasi dan perawatan secara intensif selama 7 hari untuk memastikan bayi orangutan dalam kondisi baik.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyambut gembira kelahiran bayi orangutan GL Zoo. “Kami turut gembira dengan kelahiran bayi orangutan yang menambah daftar koleksi di GL Zoo. Kelahiran bayi orangutan ini menunjukkan keberhasilan pengelolaan satwa di GL Zoo dalam mendukung upaya pelestarian jenis satwa dilindungi khususnya orangutan. Ke depan semoga ada berita bagus lagi terkait kelahiran satwa dilindungi di GL Zoo, dengan demikian kelestarian satwa di lindungi akan terus terjaga” tutup M. Wahyudi.

Baca juga: Beternak Murai, Ditawar Ratusan Juta

Comment

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App