• 20 September 2021

Hewan Paling Cerdas di Bumi

uploads/news/2021/06/hewan-paling-cerdas-di-12014eb38b41dee.jpg
SHARE SOSMED

"Bahkan, hewan-hewan tersebut dapat membantu manusia dalam menjalani berbagai aktivitas"

JAKARTA - Banyak sekali beragam hewan yang bisa kita jumpai di berbagai belahan dunia, mulai dari hewan berkaki empat sampai berkaki dua, baik yang bersayap maupun tidak. Namun, di antara kawanan binatang tersebut dapat dikatagorikan sebagai hewan-hewan paling cerdas yang pernah ada di dunia. Bahkan, hewan-hewan tersebut dapat membantu manusia dalam menjalani berbagai aktivitas. Tak sedikit dari mereka yang dijadikan sebagai teman dan sahabat. Sahabat tani bisa nebak nggak kira-kira hewan apa saja ya yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi? Mari kita bahas.

Simpanse

Simpanse diklaim sebagai makhluk paling cerdas di dunia setelah manusia. Tingkah simpanse dapat dipengaruhi oleh prilaku manusia. Mereka memiliki kemampuan untuk berpikir seperti manusia. Uniknya, mereka dapat memecahkan pertanyaan matematika sederhana. Hewan ini dapat dilatih menjadi makhluk yang semakin cerdas dari hewan lainnya karena miliki kemampuan kapasitas otak setara dengan anak manusia berusia lima tahun. mereka memiliki hampir 99% DNA yang sama. Tidak hanya DNA, bahkan untuk kemampuan berpikir dan kerja otak, mereka juga mendapatkannya. Sebut saja seperti kemampuan mengingat, karena mereka menggunakan jenis memori fotografi, yang bisa memungkinkan diri mereka dalam melihat sebuah gambar dan mengingatnya.

Baca juga: Negara dengan Spesies Hewan Terbanyak

Gajah

Hewan yang memiliki tubuh besar ini ternyata juga sangat cerdas, dan hal tersebut telah dibuktikan oleh banyak peneliti. Seekor gajah ternyata bisa memahami perbedaan antar bahasa, suara seorang pria, wanita, atau anak yang sedang bicara. Para ahli telah mencoba sebuah penelitian, menggunakan rekaman suara. Dimana di dalam rekaman tersebut terdapat suara kelompok manusia yang sedang memburu gajah, dan suara manusia yang sedang tidak memburu. Dari rekaman tersebut, gajah merasa takut ketika mendengar suara kelompok yang sedang memburu terutama suara laki-laki, dan mengubah posisi mereka, ketika mendengar suara manusia tanpa melakukan pemburuan.

Baca juga: Filosofi Roti Buaya Adat Betawi

Lumba-Lumba

Kecerdasan yang dimiliki oleh lumba-lumba memang sudah sangat dikenal sejak dulu. Keluarga mamalia laut ini merupakan jenis hewan yang mudah dijinakkan dan dilatih oleh manusia. Lumba-lumba hidung botol berupakan spesies lumba-lumba yang dikenal paling cerdas. Ukuran otaknya lebih besar jika dibandingkan dengan spesies lainnya. Otaknya dilengkapi dengan koteks serebral (sistem saraf )yang ukurannya 40 persen lebih besar dari milik manusia. Bagian ini berfungsi untuk melakukan komunikasi sosial, informasi pengolahan abstrak, pemecahan masalah dan menerima hal-hal baru. Tubuhnya juga memiliki sebuah sonar bunyi bernama echolocation. Echolocation biasanya digunakan untuk mendeteksi mangsa, sebagai tanda peringatan bahaya dan untuk mencari koloninya. Dengan seluruh kelebihan yang ia miliki, Angkatan Laut Amerika (US Navy) sering menggunakannya untuk banyak misi penelitian ataupun pembersihan ranjau laut.

Baca juga: Pentingnya Mensejahterakan Hewan Pekerja

Gurita

Hewan terpintar di dunia yang kedua adalah gurita. Hewan yang juga hidup di laut lepas ini juga memiliki kepintaran yang luar biasa. Bahkan, untuk hewan dalam kategori invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang, gurita merupakan hewan terpintar. Gurita bergerak dengan sangat lincah dan mampu meloloskan diri meski dalam akuarium sekalipun. Sahabat tani masih ingat Paul si peramal? Ya, Paul yang merupakan hewan gurita yang mampu meramalkan pemenang Piala Dunia yang dilangsungkan pada tahun 2010 silam. Karena hal itu Paul diberi julukan sebagai ‘Paul si Gurita Bintang Cerdas’. Gurita juga dikenal sebagai hewan yang memiliki rasa penasaran tinggi, dan bisa menyelesaikan sebuah permainan puzzle lo. Untuk melindungi diri dari ancaman di laut, gurita sering menggunakan batok kelapa sebagai tamengnya.

Baca juga: Unik, Begini Cara Semut Berkomunikasi

Anjing

Hewan terpintar di bumi berikutnya adalah anjing. Seperti yang kita tahu, anjing memang sangat memahami perilaku sosial manusia. Sehingga anjing akan sangat mudah mengingat sesuatu, melakukan sesuatu, dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan saat anjing hidup berdampingan bersama manusia. Anjing juga bisa dibilang sebagai hewan yang mampu mempelajari perintah manusia dengan cepat. Selain itu, anggapan bahwa anjing masuk dalam kategori cerdas karena anjing mampu memahami bagaimana harus bersikap, hingga mampu mengenali objek.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App