• 20 April 2024

Pentingnya Mensejahterakan Hewan Pekerja

"Saat ini ada 392.127 ekor kuda yang masih digunakan kusir di SKI Jakarta. Dengan jumlah segitu harusnya kuda-kuda itu bisa dirawat"

JAKARTA - Hewan adalah makhluk hidup yang membawa dampak positif, seperti mengurangi stres, membuat tubuh lebih aktif, dan menjaga rumah dari gangguan. Sebaliknya, pemilik juga perlu merawat hewan peliharaannya agar mereka bisa hidup sejahtera dan hubungan ini tetap menguntungkan kedua pihak.

Kepedulian untuk kesejahteraan hewan sering didasarkan pada keyakinan bahwa binatang yang hidup dan pertimbangan kesejahteraan atau penderitaan yang harus diberikan kepada mereka, terutama ketika mereka berada di bawah perawatan dari manusia.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Limbah Kulit Kopi

Keprihatinan ini dapat mencakup bagaimana hewan disembelih sebagai sumber makanan, bagaimana mereka digunakan dalam penelitian ilmiah, bagaimana mereka dipelihara sebagai hewan peliharaan, di kebun binatang, peternakan, sirkus, dll, dan bagaimana aktivitas manusia mempengaruhi kesejahteraan dan kelangsungan hidup spesies liar.

Direktur Kesehatan hewan kementrian pertanian, Dr. drh. Nuryani Zainudin, M.Si pada acara workshop peduli kuda pekerja yang diadakan oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan bersama dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN). Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan perihal pentingnya kita memahami dan mensejahterakan hewan apapun jenis hewannya. Terutama hewan yang digunakan sebagai mata pencaharian kita seperti kuda sebagai delman.

Baca juga: Khasiat Super Madu Klanceng

“Kuda kita gunakan sebagai hewan pekerja untuk mendapatkan income. Makhluk hidup yang juga harus mendapatkan perawatan yang baik. Saat ini ada 392.127 ekor kuda yang masih digunakan kusir di SKI Jakarta. Dengan jumlah segitu harusnya kuda-kuda itu bisa dirawat,” Ucapnya.

Ia juga menyampaikan banyak sekali penyakit yang ada pada kuda maupun menular atau tidak. Tugas sudin kpkp terkait fungsi dari hewan ini juga harus aktif untuk kesehatan kuda. “Sebagai hewan yang digunakan untuk mencari masukan sebaiknya kuda itu dirawat dengan benar dan sesuai dengan SOP yang ada, jangan disiksa, jangan dibiarkan kelaparan, apalagi sampai tertekan,” tuturnya. Pada kesempatan ini, ia juga menyampaikan betapa pentongnya tapal untuk kenyamanan kaki kuda. “Tapal kuda itu penting karena semua tumpuan kuda yang menyangga itu hanya kakinya kalau kakinya terjadi sesuatu maka dia tidak bisa bergerak lagi otomatis tidak bisa digunakan lagi,” Tutupnya.

Baca juga: LIPI Pantau Terumbu Karang Batam

Related News