• 19 April 2024

Khasiat Super Madu Klanceng

Khasiat dari madu klanceng, bahkan lebih manjur dibandingkan dengan lebah penyengat atau lebah madu.

YOGYAKARTA – Madu banyak dikenal oleh masyarakat dengan segudang khasiat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit, mampu menyembuhkan luka, hingga sebagai antioksidan. Tak sedikit olahan madu yang memanfaatkan khasiatnya untuk dijadikan sebagai produk makanan, minuman, kecantikan dan masih banyak lagi. Namun, kualitas madu juga menentukan seberapa besar khasiat yang akan dirasakan oleh para konsumen.

Beda spesies lebah, maka beda pula kualitas madu yang dihasilkan. Biasanya, masyarakat mengenal lebah yang dikonsumsi itu menyengat. Lebah klanceng ini berbeda, tidak bersengat serta memiliki cara bertahan hidup dengan cara menggigit, bukan menyengat. Nama spesies lebah ini adalah Trigona (Trigona sapiens dan Trigona clypearis). Dan khasiat dari madu klanceng, bahkan lebih manjur apabila dibandingkan dengan lebah penyengat atau lebah madu. Madu klanceng juga memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pengobatan modern.

Baca jugaJalan Panjang Herlina Mengkultur Tanaman

Koptu Eko Widodo, Babinsa Cangkringan menjadi salah satu orang yang ikut terjun pada budidaya madu klanceng. Ia menceritakan, berawal dari sang mertua yang membutuhkan pengobatan khusus setelah operasi rahim, pada akhirnya dirinya bersama sang istri direkomendasikan untuk mencoba madu klanceng untuk memulihkan kondisi tersebut.

“Waktu dulu beli satu botol 500 mililiter itu bisa mencapai Rp 600.000. Karena disarankan pakai madu ini agar lekas sembuh, makanya kami beli saja. Dan hasilnya betul-betul manjur. Ibu saya cepat sembuh setelah rutin konsumsi madu klanceng,” ungkap istri Eko, Mila, saat ditemui di rumahnya yang berlokasi di Ngancar, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perempuan kelahiran bulan Januari itu menambahkan, “Karena manfaatnya yang luar biasa telah terbukti, kami jadi tertarik untuk ikut coba budidaya lebah klanceng. Itupun awalnya tidak sengaja ada lebah klanceng yang mengendap misalnya di sisi-sisi pintu, kemudian jendela. Dan ternyata si lebah klanceng ini menghasilkan madu yang khasiatnya luar biasa,” tambahnya.

Baca jugaMemanfaatkan Rawa Jadi Lahan Pertanian

Meskipun memiliki harga yang jauh cukup mahal dibandingkan madu biasa, namun khasiat yang dimiliki madu klanceng sudah tidak diragukan lagi oleh para konsumen.

“Karena yang diunggulkan dari madu ini adalah kualitas dan manfaatnya. Jadi mau dibeli dengan harga berapapun akan tetap dicari. Apalagi sudah banyak yang membuktikan juga manfaatnya, sehingga madu ini banyak yang cari,” ungkapnya.

Selain dapat dikonsumsi apa adanya, madu klanceng juga dapat dijadikan campuran minuman kesehatan sebagai pengganti gula. Beberapa produk obat kesehatan seperti salep, menggunakan madu klanceng sebagai salah satu komposisi bahan dasar pembuatannya.

Baca jugaMomen Langka Gajah Tidur Siang

Related News