• 20 September 2021

Black Ghost, Ikan Hias Hantu

SHARE SOSMED

"Ikan ini salah stau ikan hias yang paling laku karena warnanya yang bagus dan keunikan dia yang bisa mengeluarkan listriik"

TANGERANG – Pecinta ikan hias pasti tidak asing dengan ikan berwarna hitam pekat satu ini. Ya, black ghost, dijuluki demikian karena ikan ini memiliki warna yang hitam dan bentuknya yang pipih serta sirip Panjang. Ikan ini suka memakan jentik nyamuk dan serangga air kecil atau pelet. Perawatannya pun cukup mudah.

Memiliki bentuk tubuh yang unik serta memiliki kemampuan adaptasi yang baik membuat ikan black ghost banyak dijadikan sebagai ikan hias di dalam akuarium. Tidak memerlukan perawatan khusus, Ikan black ghost hanya membutuhkan tangki serta air yang bersih agar ikan ini terhindar dari bakteri-bakteri penyakit.

Baca juga: Hiu Hantu, Penghuni Kedalaman Laut

Beberapa jenis ikan yang cocok untuk dijadikan teman dari ikan black ghost di dalam akuarium seperti Ikan discuss, guppy dan ikan angelfish. “Ikan ini salah stau ikan hias yang paling laku karena warnanya yang bagus dan keunikan dia yang bisa mengeluarkan listrik,” ujar Wiranto, Peternak ikan asal Kampung melayu, Tangerang saat ditemui Jagadtani.id belum lama ini.

Wiranto mengatakan Ikan black ghost mempunyai sifat pemalu serta memiliki pergerakan yang sangat lambat saat berenang di dalam air. “Kalau pelihara dia harus di aquarium yang banyak batu atau pipa-pipa buat dia ngumpet karena dia pemalu sifatnya,” tambah pria lulusan IT itu. Black ghost termasuk hewan yang sangat serius dalam mempertahankan wilayah kekuasaannya di habitat aslinya.

Baca juga: Prospek Menggiurkan Budidaya Udang Vaname

Ikan ini mampu bertahan hidup selama 15 tahun dengan memakan berbagai jenis hewan-hewan kecil seperti cacing darah, cacing hitam dan udang-udang kecil. Hidup di daerah perairan tropis, ikan blackghost merupakan salah satu spesies ikan air tawar yang paling populer untuk dijadikan peliharaan di kalangan pecinta ikan hias.

Hewan yang masuk dalam keluarga Apteronotidae ini, sepintas mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan bulu ayam serta memiliki cara berenang yang unik jika dibandingkan dengan kebanyakan spesies ikan air tawar pada umumnya.

Baca juga: Budidaya Ikan Tawar Semakin Menggiurkan

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App