• 19 September 2021

Prospek Menggiurkan Budidaya Udang Vaname

uploads/news/2021/06/peluang-menggiurkan-budidaya-udang-11659ec5f96d24e.jpg
SHARE SOSMED

"Indonesia bahkan menjadi salah satu negara pengekspor terbesar di dunia untuk komoditas udang vaname ini, dengan nilai dan volume ekspor yang terus meningkat"

JAKARTA – Saat ini, udang menjadi salah satu komoditi bisnis yang menjanjikan. Seperti misalnya dengan membudidayakan udang Vaname. Udang yang tinggal di kawasan sub-tropis ini, merupakan udang ekspor yang jika dibudidayakan di Indonesia memiliki peluang yang menggiurkan. Indonesia bahkan menjadi salah satu negara pengekspor terbesar di dunia untuk komoditas udang vaname ini, dengan nilai dan volume ekspor yang terus meningkat.

Udang vaname atau whiteleg shrimp merupakan salah satu varietas udang yang paling banyak diminati oleh petambak. Bahkan, kalau sahabat tani fokus membudidayakan udang jenis ini, dapat menghasilkan omset milyaran rupiah jika dikelola dalam skala yang cukup besar. Jenis udang ini merupakan hewan yang hidup di air tawar. Vaname juga paling sering dimanfaatkan untuk beragam jenis hidangan. Itulah mengapa kehadirannya sangat dibutuhkan di pasar. Nah, karena banyak yang mencari udang ini, peluang untuk mendapatkan untung semakin terbuka lebar.

Baca juga : Cianjur Untung Besar Budidaya Udang

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) adalah spesies udang yang berasal dari pantai barat Amerika, khususnya di daerah sekitar Teluk California, Guatemala, El Salvador, Nicaragua, hingga Perú di Amerika Selatan. Udang ini sebenarnya memiliki habitat asli di laut, namun Sahabat Tani bisa budidayakan di kolam air tawar maupun air payau, dengan lokasi di dataran rendah hingga sedang. Spesies udang ini mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1996. Udang vaname mulai dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan udang nasional yang tidak tercukupi akibat produksi udang windu yang menurun akibat kematian massal. Namun, udang vaname ini baru naik daun dan menjadi lahan bisnis yang potensial sekitar tahun 2001.

Baca juga : Turunkan Kadar Kolesterol dengan Kangkung

Banyak kelebihan yang dimiliki udang Vaname. Daging yang empuk dan enak disusul dengan proses budidaya yang cepat. Sehingga, Sahabat Tani dapat meraih keuntungan dengan lebih cepat dan perputaran modal pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Hebatnya lagi, untuk memulai budidaya udang vaname tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Modal kecil namun untung berlimpah.
Varietas ini memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan varietas udang lainnya, yaitu pertumbuhannya lebih cepat, dengan masa pemeliharaan antara 90 – 100 hari, kemudian daya hidup atau survival rate (SR) jenis udang ini sangat tinggi, kemudian udang vaname sangat tahan terhadap kondisi lingkungan serta lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Baca juga : Bisnis Olahan Ikan, Omset Berlimpah

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App