• 9 May 2024

Turunkan Kadar Kolesterol dengan Kangkung

uploads/news/2021/05/turunkan-kadar-kolesterol-dengan-572237d26ed6274.jpg

"Kangkung dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol secara alami"

JAKARTA - Kangkung adalah salah satu sayuran yang populer di Indonesia. Banyak sekali resep-resep nusantara yang menggunakan sayur hijau ini sebagai bahan utamanya. Selain karena rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah, ternyata kangkung memiliki segudang khasiat yang berguna untuk tubuh. Itu karena banyak sekali nutrisi bermanfaat yang terkandung dalam kangkung. Seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin B12, vitamin B6, zat besi, kalsium, magnesium dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Baik untuk Kesehatan Hati

Jika ingin memiliki fungsi hati tetap optimal sampai tua, jangan lupa untuk menyertakan sayur kangkung dalam menu harian sahabat tani. Kangkung baik untuk kesehatan hati, hal ini telah diteliti dalam jurnal Molecules. Kangkung mampu melindungi hati agar tetap berfungsi optimal dari berbagai kerusakan. Menurut beberapa ahli, kandungan alami yang terdapat pada sayur hijau ini dapat memproduksi enzim yang membantu menjaga organ hati agar tetap bersih dari racun.

Baca juga: Konsumsi Kangkung Dihindari Saat Puasa?

Mencegah Dehidrasi

Di dalam sayur kangkung, terdapat bermacam mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, tentunya hal tersebut dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Kandungan mineral penting dalam kangkung seperti natrium dan kalium, dipercaya mampu menjaga elektrolit serta keseimbangan cairan dalam tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Kelebihan kolesterol jahat pada tubuh bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius, seperti penyakit jantung, stroke maupun hipertensi. Untuk mencegahnya, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi sayur kangkung. Kangkung dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol secara alami. Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada tikus, hasilnya, tikus-tikus yang mengonsumsi kangkung mengalami penurunan kolesterol dan Triglycoside. Selain itu, sayur hijau ini juga cocok sekali untuk mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Baca juga: Serunya Bercocok Tanam Kangkung Hidroponik

Baik untuk Penceranaan

Seperti sayuran hijau lainnya, kangkung juga mengandung banyak serat, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.
Di samping itu, kangkung juga dapat membantu mengatasi gangguan yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti sembelit.
Kandungan lateks serta sifat pencahar alami pada kangkung, diyakini mampu untuk mengatasi infeksi cacing dalam usus.

Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh bisa dialami siapa saja, untuk mengatasinya, bisa dengan rutin mengonsumsi sayur kangkung. Kandungan mineral dalam kangkung seperti zat besi dan fosfor, dapat membantu mengatasi anemia. Itu dikarenakan kedua zat tersebut berperan dalam menyuplai oksigen serta nutrisi penting bagi sel dan organ-organ tubuh lain.

Baca juga: Panen Kangkung di Rakit Apung

Related News