• 28 September 2021

Konsumsi Kangkung Dihindari saat Puasa?

uploads/news/2020/04/konsumsi-kangkung-dihindari-saat-9861352a6d43f4d.jpg
SHARE SOSMED

Dengan mengkonsumsi kangkung dan nasi yang banyak serta lauk protein hewani dalam jumlah berlebih membuat perpaduan menu tersebut dapat memicu seseorang merasa mengantuk dan lemas.

JAKARTA – Menjelang bulan Ramadhan, tubuh membutuhkan banyak energi serta nutrisi yang baik, maka menjaga tubuh tetap fit dan sehat merupakan kunci utamanya.

Bulan Ramadhan mengharuskan umat muslim berpuasa menahan lapar selama hampir 14 jam.

Baca juga: Konsumsi Beras Merah saat Sahur

Namun, masyarakat biasanya menyantap masakan sayuran untuk sahur dan berbuka puasa secara asal-asalan tanpa mengetahui kadar zat yang terkandung di dalamnya.

Saat berbuka puasa tiba, memang segala makanan yang terlihat di depan mata menjadi lezat dan enak sehingga seringkali berpikir untuk mencobanya yang berakibat kekenyangan saat berbuka puasa atau ‘begah’.

Padahal segala sesuatu yang berlibihan itu kan tidak baik ya Sahabat Tani.

Sayuran memanglah sangat baik dikonsumsi saat bulan Ramadhan, tetapi bukan berarti semua jenis sayuran dapat dikonsumsi saat Ramadhan.

Terdapat beberapa jenis sayuran yang tidak baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa yaitu sayur kol, sawi putih dan kangkung.

Mengkonsumsi sayuran tersebut secara berlebihan tidak baik, Chef Billy Andrelly Kalangi menjelaskan, beberapa pilihan sayur yang baik dikonsumsi saat bulan Ramadhan ini berupa sayuran yang mengandung mineral, serat, anti-oksidan dan nutrisi yang tinggi.

“Kol itu banyak mengandung gas dan kangkung mengandung zat kapur yang tinggi,” jelasnya seperti melansir Republika, belum lama ini.

Kandungan gas dalam sayur kol membuat perut kembung serta menyimpan sejumlah gas saat berpuasa.

Sedangkan kangkung yang memiliki zat kapur tinggi dapat meyebabkan asam urat serta terdapat zat mineral kalium yang mengakibatkan tekanan darah berkurang sehingga menjadi cepat lemas dan juga mengantuk.

Mengutip dari Sehatq, menurut pakar kesehatan banyak ditemukan sejumlah mitos dan beberapa orang yang telah meyakini tentang kangkung  penyebab kantuk.

Namun, hal ini tentu dapat dilihat dari kandungan kangkung yang kaya akan mineral dan juga substansi lainnya.

Contohnya terdapat kandungan kalium mencapai 312 miligram yang dapat membuat seseorang merasa lebih rileks akibat tekanan darah menurun.

Meski demikian, pada beberapa orang kondisi tersebut dapat menjadi seperti rasa mengantuk, namun sebenarnya kandungan dalam kangkung tidak selalu menjadi penyebab kantuk seseorang.

Dengan mengkonsumsi kangkung dan nasi yang banyak serta lauk protein hewani dalam jumlah berlebih membuat perpaduan menu tersebut dapat memicu seseorang merasa mengantuk dan lemas.

Tentu konsumsi menu dengan jumlah yang banyak membuat sistem pencernaan bekerja keras sehingga tubuh meminta untuk ‘istirahat’ sejenak.

Selain itu, terdapat juga bermacam sayuran yang baik dikonsumi, seperti wortel dan juga brokoli.

Baca juga: Kurma, Buah Pilihan Jelang Ramadhan

Chef Billy menyarankan utuk mengkonsumsinya saat sahur dengan mengkombinasi sayuran lainnya.

“Brokoli dan wortel banyak mengandung anti-oksidan, usahakan dimasak dengan cara direbus” tambahnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App