• 18 April 2024

Unik, Pisang Rasa Es krim

uploads/news/2021/06/unik-pisang-rasa-es-17298a3b1ae0144.jpg

"Pisang dengan rasa es krim yang manis menggoda ini berkulit biru"

JAKARTA – Seperti yang kita ketahui. buah pisang identik dengan warna kuning, namun pisang yang kali ini sangatlah berbeda. Sama seperti Namanya pisang “blue java” memiliki warna biru kehijauan. Dengan tekstur yang sangat lembut saat matang seakan meleleh ketika didalam mulut jadi terasa seperti memakan es krim vanilla ditambah pisang unik ini memiliki aroma buah yang manis. Oleh karena itu banyak yang menyebutnya “si biru” unik dengan sebutan pisang es krim.

Pisang ini merupakan produk mutasi alami dari tanaman pisang. Sehingga memilliki rasa yang berbeda, meski masuk dalam kategori buah-buahan tropis, pisang mampu tumbuh di lingkungan dingin, bahlan dalam suhu di bawah titik beku.

Baca juga: Buah Delima, Si Kaya Antioksidan

Mungkin sahabat tani belum pernah mencicipi lezatnya pisang rasa es krim, kelembutan tekstur dagingnya tidak mudah dilupakan. Sebab di Indonesia, pisang jenis ini masih belum banyak beredar di pasaran. Pisang dengan rasa es krim yang manis menggoda ini berkulit biru. Meskipun menggunakan kata “Java”, pisang ini tidak berasal dari Pulau Jawa.

Baca juga: Keunggulan Wijen Hitam dan Putih

Dikenal dengan berbagai nama Blue Java yang banyak tumbuh di sisi Selatan Amerika Serikat, Australia, dan Hawaii. Pisang ini juga dikenal dengan Ice Cream Banana (Hawaii), pisang Hawaii (Fiji), Krie (Filipina), dan Cenzio (Amerika Latin). Bentuk buahnya mirip pisang kepok, dan bisa mencapai panjang 7 inci, dengan daging berwarna krem. Rasa dan tekstur Selain warnanya unik, ternyata pisang biru juga memiliki tekstur yang lembut serta dengan rasa es krimnya bisa membuat ingin mencoba memakannya.

Dapat memperbaiki suasana hati
Pisang blue java adalah sumber kaya vitamin B6, yang diperlukan untuk membantu tubuh mensintesis serotoninnya sendiri. Recommended Daily Allowance (RDA) untuk vitamin B6 pada orang dewasa adalah 1,3 miligram (mg).
Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 0,4 mg vitamin B6, jadi jika sahabat tani membuat smoothie, atau es krim pisang lezat dengan 2-3 Blue Java, sahabat tani akan mendapatkan lebih dari 75% dari RDA vitamin B6.

Baca juga: Porsi Susu untuk Orang Dewasa

Membantu pencernaan
Pisang mengandung serat yang tidak dapat dicerna seperti selulosa, hemiselulosa dan alfaglukan yang membantu mencegah sembelit dan memulihkan serta mempertahankan fungsi usus yang teratur. Pati resisten dalam pisang mentah dapat membantu pencernaan yang berakhir di usus besar, di mana ia menjadi makanan bagi bakteri menguntungkan dalam usus. Pectin menurut beberapa penelitian dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar.

Menjaga kesehatan jantung
Kalium sangat penting untuk kesehatan jantung, dan pisang jawa biru penuh dengan kalium. Mendapatkan cukup kalium dalam makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan terhindar terkena penyakit jantung.

Baca juga: Diet Sehat dengan Buah Plum

Related News