• 20 April 2024

Keunggulan Wijen Hitam Dan Putih

uploads/news/2021/06/keunggulan-wijen-hitam-dan-621487dfc3aec44.jpg

"Kedua jenis wijen memiliki kandungan protein yang sama"

JAKARTA - Wijen merupakan jenis tanaman yang bijinya dapat diproses untuk menghasilkan minyak dan telah digunakan sejak jaman dahulu kala sebagai bahan tambahan dalam proses pembuatan makanan. Biji wijen termasuk salah satu pendukung utama industri. meliputi industri makanan dan minyak makan yang memiliki kadar lemak jenuh yang rendah.

Baca juga: Tips Jitu Budidaya Tanaman Lada

Sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Didalam biji wijen terkandung 35% – 65% minyak, gliserida (asam oleat, linoleat, laurat, palmitat, stearat, miristinat), sesamin, sesamolin, sesamol, lignans, pedaliin, planteose, sitokrom C, protein, prantosa, lipase, vitamin A, vitamin B1, vitamin E, anti oksidan, dan alanine atau ligning, serta tidak mengandung kolesterol.

Baca juga: Konsumsi Apel Cegah Stroke

Biji wijen mengandung vitamin E, sesamol, dan anti oksidan. Selama ini, masyarakat Indonesia mungkin hanya mengenal wijen putih saja, namun di luar negeri terdapat 2 jenis wijen yakni wijen putih dan wijen hitam. Kedua jenis wijen ini mempunyai kandungan protein yang sama dan kandungan senyawa kimia lainnya yang tidak jauh berbeda. Selama ini masyarakat di Indonesia hanya mengenal wijen dengan warna biji putih, namun di pasar internasional terdapat dua jenis/warna biji wijen yaitu wijen hitam dan wijen putih.

Kedua jenis wijen memiliki kandungan protein yang sama dan kandungan senyawa kimia lainnya yang tidak jauh berbeda. Perbedaan terdapat pada kadar abu yaitu wijen hitam memiliki kadar abu yang lebih besar daripada wijen putih.

Baca juga: Tips Membersihkan Kepiting dengan Benar

Selain itu, wijen hitam beraroma lebih tajam, sedangkan wijen putih memiliki aroma yang lebih wangi dan ringan. Umumnya wijen putih digunakan untuk memasak. Rasa gurih dengan aroma wangi yang khas yang dimiliki wijen putih membuat masakan lebih sedap. Sedangkan wijen hitam lebih banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kue, meskipun ada beberapa jenis masakan yang memakai wijen hitam ini.

Related News