• 27 April 2024

Prospek Menjanjikan Usaha Lele Fillet

uploads/news/2021/06/prospek-menjanjikan-usaha-lele-859665644e7a5de.jpg

"Mereka membuat usaha lele fillet sejak tahun 2019 sampai sekarang, Usaha tersebut mereka Namfish factory"

BOGOR – Di masa seperti saat ini perlu adanya solusi kreatif dan berani mengambil peluang dengan memenuhi kebutuhan konsumen lewat perilaku masyarakat sekarang yang lebih sering belanja dengan hasil uang yang didapat. Salah satu solusinya yaitu dengan mengolah dari hasil panen ikan lele ditingkatkan nilai tambahnya menjadi lele fillet.

Produk olahan beku atau olahan yang dapat disimpan untuk jangka waktu tertentu sangat diincar oleh masyarakat masa kini.
Sebelum bahas lebih lanjut mengapa lele fillet menjadi produk yang akan membuka peluang dalam mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Sukses Pembenihan Bibit Lele Berlimpah

Fillet ikan sendiri merupakan salah satu produk olahan yang memiliki nilai tambah karena hasil dari penjualan fillet ikan lebih tinggi daripada menjual ikan secara utuh dan dapat diolah lebih praktis, sehingga waktu memasak menjadi lebih cepat.

Usaha lele fillet ini telah diterapkan oleh sepasang suami istri Aldy novalino dan Feny. Mereka membuat usaha lele fillet sejak tahun 2019 sampai sekarang, Usaha tersebut mereka Namfish factory. “Awalnya saya aini pembudidaya ikan lele dari tahun 2017 nah karena saya itu jual benih ikan lele itu kan ke petani pembesaran ternyata banyak masukan atau banyak keluhan dari mereka yaitu susah menjualnya dan harganya dibanting oleh para tengkulak. akhirnya saya memutuskan untuk produksi dengan memfillet ikan lele ini,” jelas Aldy.

Baca juga: Rahasia Kolam Lele Tidak Bau

Aldy mengatalan, pada saat ia memulai usahanya, orderan pertama yang ia terima adalah dari sebuah restoran yang kebetulan menyediakan menu lele fillet geprek. Namun, hal tersebut dan bertahan lama, awal tahun 2020 Pandemi covid-19 melanda yang membuat seluruh restoran terpaksa di lockdown.

Perjuangan Aldy dan istri tak berhenti sampai disitu, ia mulai menawarkan produknya ke orang-orang sekitar dan menawakan ke para reseller. “Pada saat lockdown saya bingung bagaimana ini lele filletnya mau dijual kemana kahirya saya cpba tawar-tawarin ke teman-teman, orang-orang sekitar, sampai saudara eh Alhamdulillah responnya sangat bagus yang membuat saya seperti sekarang,” ujar pria lulusan Universitas Padjajaran itu.

Baca juga: Kenapa Arwana Menyimpan Anaknya Dimulut

Saat ini Aldy mengatakan sudah memiliki reseller hampir seluruh nusantara. Ia juga menyampaikan bahwa usaha lele fillet sangatlah menjajikan, sebab belum banyak orang yang menyangka bahwa ikan satu ini bisa dijadikan makanan yang terlihat mahal namun simple untuk dimasak. “Disamping usaha ini juga saya sembari mengedukasi kepada masyarakat bahwa ikan lele yang Namfish sediakan itu 100% higenis, saya secara terbuka memperlihatkan RPH-nya. Walaupun baru skala rumahan tapi saya berharap lele fillet ini terus dikenal seluruh masyaralat Indonesia bahkan sampai ekspor ke luar negeri,” Tutupnya.

Baca juga: Prospek Menggiurkan Budidaya Udang Vaname

Related News