• 17 April 2024

Paket Lebaran 2,5 Ton Ikan

uploads/news/2021/05/lebaran-bagikan-2-5-ton-7128226d6b018a6.jpg

“Dalam rangka mengajak masyarakat untuk tetap selalu rajin mengonsumsi ikan sebagai asupan protein sekaligus upaya menangkal virus COVID-19"

JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19 yang masih menyebar di seluruh pelosok daerah, Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah memang terasa berbeda. Namun, masyarakat harus tetap merasakan sukacita, salah satunya dengan melakukan kegiatan berbagi paket lebaran. Bantuan paket Lebaran ini mampu menjadikan suasana Idul Fitri 1442 Hijriah menjadi tetap khidmat dan bermakna. Meski saat ini pandemi Covid-19, masih menghantui masyarakat.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang membagikan 2,5 ton ikan segar hasil budidaya kepada sebanyak 1.838 KK di enam dusun di Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Lebaran ini.

Baca juga: Manfaat Besar Ikan Cucut

"Kegiatan tersebut diinisiasi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dengan tujuan mengajak masyarakat untuk terus mengonsumsi ikan sebagai makanan bergizi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai, dengan meramaikan lebaran dengan menu ikan segar hasil budidaya," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto, mengutip dari Antara.

Baca juga : Cianjur Untung Besar Budidaya Udang

Slamet mengatakan, adanya bantuan ikan segar penting antara lain karena asam lemak tidak jenuh esensial seperti EPA dan DHA yang terkandung dalam ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah stres. Lebih lanjut ia mengatakan, pembagian ikan segar hasil budidaya sebagai menu lebaran merupakan wujud solidaritas sesama manusia di tengah ancaman pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

"Pemberian paket lebaran ini dalam rangka mengajak masyarakat untuk tetap selalu rajin mengonsumsi ikan sebagai asupan protein sekaligus upaya menangkal virus COVID-19," kata Slamet.

Baca juga: Bahaya Mengkonsumsi Kerang Hijau

Slamet menjelaskan pembagian ikan segar hasil budidaya yang terdiri dari ikan nila, lele dan bandeng dengan total sebanyak kurang lebih 2,5 ton merupakan hasil pengumpulan donasi para pegawai BLUPPB Karawang melalui Koperasi KPRI Graha Mina sehingga tidak menggunakan dana APBN.

Baca juga : Pilihan Pakan Berkualitas Untuk Guppy

Paket lebaran yang berisi ikan-ikan segar itu dikemas dengan baik, higienis sebagai bentuk harapan mampu memenuhi kebutuhan pangan sumber protein hewani yang relatif tinggi nilainya dengan harga yang terjangkau.

Lanjutnya, kegiatan pembagian paket lebaran berisi ikan ini sebagai kegiatan kemanusiaan dari hasil donasi seluruh karyawan BLUPPB Karawang melalui Koperasi KPRI Graha Mina. Mengikuti anjuran Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menginginkan masyarakat di berbagai daerah dapat semakin meramaikan Lebaran dengan meningkatkan menu ikan sebagai hidangan hari raya mereka. KKP bahkan menargetkan tingkat konsumsi ikan sebesar 62,50 kg/kapita/tahun di tahun 2024 yang sebelumnya 56,39 kg/kapita/tahun di tahun 2020.

Baca juga : Mengubah Selokan Jadi Kolam Ikan

Related News