• 26 April 2024

PIlihan Pakan Berkualitas untuk Guppy

uploads/news/2021/05/pilihan-pakan-berkualitas-untuk-56234e93b477f5d.jpg

"Kalau satu hari nggak habis jangan didiemin tapi diangkat lagi dibersihin karena kalau tidak nanti dia ngeluarin amoniak yang bisa nularin penyakit ke guppynya"

DEPOK - Adakah sahabat tani yang memelihara ikan guppy di rumah? sudah tahu belum pakan apa saja sih yang bagus untuk guppy? Salah satu cara penting dalam perawatan ikan guppy adalah memberikannya makan secara rutin, setidaknya dua kali sehari pada siang dan malam. Namun, untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan yang baik bagi ikan guppy, sahabat tani harus memberikan pakan atau makanan terbaik yang kaya akan gizi untuk mereka.

Baca juga: Syarat Merawat Ikann Guppy

Biasanya jentik nyamuk menjadi pilihan yang baik dan umum digunakan sebagai pakan yang tepat, tapi ini bukanlah satu-satunya makanan bagi ikan guppy. masih banyak pilihan pakan berkualitas lainnya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sang ikan. Vandro, Pemilik Farm IRH Guppy Deppok memberikan tips khusus kepada sahsbat tani apa saja pakan-pakan terbaik untuk ikan guppy.

"Biasanya kita menggunakan cacing sutera, cara menggunakannya kita bersihin sekitar dua harian, misalnya dua tiga jam kan dia di endapkan lalu kita harus angkat supaya kotorannya ke bawah. kemudian kotorannya kita sedot airnya menggunakan selang terus isi lagi sampai dua hari sampai benar-benar bersih, bahkan kadang kita cium dulu sampai benar-benar wangi khas cacing suteranya, nah ini tips juga bagi sahabat tani yang menggunakan cacing sutera wajib hati-hati ngasihnya harus sampai kotorannya bersih," Jelasnya.

Baca juga: Manfaat Cacing Sutera untuk Ikan

Pria yang sudah lima tahun budidaya ikan guppy ini menyampaikan jika kita tidak hati-hati dlaam memberikan pakan cacing sutera terhadap ikan guppy akan menimbulkan penyakit untuk ikan itu sendiri. "cacing sutera ini kalau sudah bersih kita taruh di wadah yang sudah disiapkan. nah pas ngasih makan kan kadang habis kadang enggak, Kalau satu hari nggak habis jangan didiemin tapi diangkat lagi dibersihin karena kalau tidak nanti dia ngeluarin amoniak yang bisa nularin penyakit ke guppynya," Ujarnya mengingatkan.

Casing sutera cacing rambut ini memang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan baik dalam menunjang pertumbuhan ikan guppy. Bagi sahabat tani yang ingin mencarinya cacing sutera bisa di temukan di sungai yang banyak lumpur dan humusnya.

Baca juga: Memisahlan Cacing Sutera dengan Lumpur

Selain cacing sutera, Vandro juga menyebutkan bahwa artemia adalah salah satu pakan terbaik untuk ikan guppy. "Ada makanan hidup lain yang pasti sahabat tani sudah tidak asing lagi namanya artemia yaitu telur udang, biasanya prosesnya 1x24jam kita endapkan sembari dikasih garam, dia semacam kutu air bentuknya," Jelas Vandro.

Vandro mengaku, pemberian pakan bagi para ikan-ikannya juga dibagi perhari, pada Senin sampai Jumat Vandro hanya memberikan pelet premium yang ia beli jepang, kemudian di Sabtu dan Minggu dia berikan pakan hidup yang tadi sudah disebutkan.

Baca juga: Merah Merona Untung Cacing Sutera

Related News