• 23 April 2024

Hewan-Hewan Paling Bersih di Dunia

uploads/news/2021/05/hewan-hewan-paling-bersih-di-51584b2905fdd94.jpg

"Lidah kucing memiliki tekstur unik yang memang digunakan untuk membersihkan dirinya.."

JAKARTA - Pernah tidak terpikir oleh sahabat tani kira-kira hewan apa saja ya yang hidupnya paling bersih di dunia? mari kita bahas. Umumnya, manusia dalah makhluk tuhan yang paling sempurna dan peduli dengan dirinya termasuk dalam hal kebersihan, tapi siapa mengira beberapa hewan ini juga peduli dengan kebersihan dirinya loh sahabat tani. Berikut hewan-hewan paling bersih di dunia.

Baca juga: Kera dan Monyet itu Berbeda

Kucing

Dari hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang telah dilakukan di laboraturium khusus hewan, ditemukan bahwa kucing bersih secara keseluruhan. Bahkan dia lebih bersih dari manusia, Wah kok bisa ya sahabat tani? itu sebab kucing tidak pernah terkena air yang membuat lembab dan bertumbuh jamur.

Padahal sudah bukan rahasia lagi, kucing adalah makhluk yang tidak suka kotor-kotoran. Sahabat tani mungkin sering melihat kucing yang badannya berlumuran kotoran, dalam waktu singkat kucing tersebut pasti akan langsung membersikannya. Dari yang paling sering terlihat saja. Kucing suka menjilati dirinya sendiri.

Jilat terus menerus hingga bersih, Hal terakhir yang ia lakukan adalah memuntahkan bola bulu hasil jilat-jilat tersebut. Namun, kebiasaan ini mencerminkan bagaimana kucing menjaga kebersihan. Tidak jarang, setelah dimandikan pemiliknya, kucing akan menjilati dirinya lagi untuk memastikan dirinya benar-benar bersih.

Lidah kucing memiliki tekstur unik yang memang digunakan untuk membersihkan dirinya. Kucing menjilat kaki depannya lalu membersihkan bagian kepalanya. Untuk membersihkan noda membandel, kucing menggunakan giginya. Selain itu, kucing juga membersihkan kotorannya sendiri. Lihatlah kucing di jalan. Ketika ia mau buang hajat, ia akan menggali pasir dan menutupnya kembali.

Baca juga: Gajah, Hewan Perasa yang Cerdas

Kelinci

Tahuklah sahatab tani, Selain terkenal ahli dalam berkembang biak, ternyata kelinci ahli dalam kebersihan diri loh. Kelinci menjaga kebersihan diri mereka dengan melakukan hal yang sama seperti kucing, yaitu menjilati diri sendiri. Untuk membersihkan bagian kepala mereka, mereka sama-sama menjilat kaki depan dan mengusap kepala mereka. Sesudah makan, biasanya kelinci akan mengesekkan kaki depannya untuk membersihkannya dari sisa-sisa makanan.

Tidak mungkin, kan, ia membersihkan kepalanya dengan kaki depan yang kotor. sangan pintar bukan? Uniknya lagi jika kelinci kesusahan membersihkan bagian badan yang tidak dapat dijangkau, kelinci lain akan membantunya. Hal ini adalah bukti bahwa kelinci dapat bersosialisasi dengan baik. Jika sahabat tani melihat kelinci yang kotor dan jarang membersihkan dirinya sendiri, ada dua kemungkinan, yaitu sang kelinci sedang stres atau ia sakit. Jika keadaannya memburuk, segera bawa kelinci ke dokter hewan untuk segera ditangani.

Baca juga: Meningkatnya Ekspor Kelinci Hias

Babi

Sahabat tani mungkin tidak percaya kalau hewan yang satu ini termasuk hewan terbersih di dunia loh. Siapa kira, ternyata meskipun suka digambarkan berkubang di lumpur, babi adalah makhluk yang paling bersih. Dalam bahasa Inggris, babi diumpamakan sebagai makhluk berkeringat paling deras (sweat like a pig). Namun, tahukah sahabat tani, sebenarnya babi itu tidak bisa berkeringat. Jangan salah, babi memiliki kelenjar keringat.

Keringat itu penting untuk mengatur suhu tubuh. Makanya, ketika kepanasan, tubuh mengeluarkan keringat agar sejuk. Akan tetapi, kelenjar keringat babi tidak dapat mengatur suhu secara efektif. Oleh karena itu, babi memilih untuk menceburkan dirinya ke lumpur untuk menyejukkan diri. Nah, inilah yang membuat orang-orang menyangka babi itu makhluk kotor.

Selain itu, babi juga tidak membuang kotorannya sembarangan, apalagi di dekat tempat pakannya. Perlu dicatat, meskipun begitu  kebersihan babi juga tergantung dari kebersihan ternak tempat tinggalnya. Jika tempat tinggalnya kotor, maka babi pun juga bisa ikut kotor.

Baca juga: Balada Mengurus Ratusan Kelinci

Related News