• 28 April 2024

Membedakan Jantan Betina Pada Guppy

uploads/news/2021/05/membedakan-jantan-betina-pada-61632e93b477f5d.jpg

"Bedanya jantan dan betina jadi kalau jantan dia full warna dari kecil.."

JAKARTA - Sahabat tani pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan hias yang satu ini. Ikan yang memiliki nama latin poecilia reticulata ini adalah ikan yang hidup di air tawar yang cenderung berarus tenang. ikan guppy sebenarnya berasal dari perairan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ikan guppy dibawa oleh masyarakat Amerika Selatan dan Tengah melalui jalur perdagangan. Dan masuk ke Indonesia sebagai ikan hias sekitar tahun 1920. Kemudian dilepas ke perairan lepas.

Ikan guppy dilepas ke alam liar dengan maksud untuk membunuh larva nyamuk yang kian hari kian banyak. Ikan ini biasa hidup bergerombol oleh sebab itulah sering juga disebut millionfish (ikan jutaan). Ikan guppy digemari para penghobi ikan hias karena memiliki warna dan sirip yang indah nan cantik, terutama ikan guppy pejantan. Membedakan ikan guppy jantan dan betina sangat berguna bagi kalian yang ingin membudidayakan ikan guppy ini.

Baca Juga: Gemerlap Guppy Snake Skin Blue Tail

Ikan guppy sudah bisa dibedakan jenis kelaminnya dengan mudah pada usia dua bulan. Diusia tersebut ikan sudah mulai muncul warna warnanya. Ikan guppy sendiri memiliki beberapa jenis mulai ekor yang pendek atau sering juga disebut short tail dan juga ada ekor yang panjang juga sering disebut long tail dari kedua jenis berdasarkan ekor tersebut masih banyak lagi jenis ikan guppy ini yang didasari dari warna dan corak tubuhnya yang paling banyak diminati dan sering dijual dipedagang ikan hias adalah jenis guppy cobra. 

Baca Juga: Sejumlah Manfaat Memelihara Ikan Hias

Panca, Pemilik Fram Guppy IRH Depok, akan menjelaskan bagaimana cara membedakan jantan dan betina pada ikan guppy. "Bedanya jantan dan betina jadi kalau jantan dia full warna dari kecil, dia mulai dari umur sebulan saja sudah bisa kelihatan karena postur badannya lebih panjang kalau belkm kelihatan warna minimal ada bintik hitam di badannya," Jelasnya saat ditemui Jagadtani.id di rumahnya di kawasan Margonda, Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Berantas Nyamuk dengan Ikan Cupang

Selain itu, Panca jugag mengatakan pada guppy jantan sirip dubur telihat seperti jarum/tombak, sirip ini jugalah yang menjadi alat kelamin pada guppy jantan yang di sebut gonopodium.

"Sedangkan kalau guppy betina postur badannya lebih tebal atau lebih besar. kalau betina warnanya mungkin kalau semua betina akan sama. Maka dari itu jangan pernah satuin betina karena nanti akan ketuker ketika mau disortir," Ujarnya mengingatkan.  

Baca Juga: Naik Daun Ikan Guppy

Related News