• 29 March 2024

Berantas Nyamuk dengan Ikan Cupang

uploads/news/2021/02/berantas-dbd-dengan-ikan-75813374d26dc84.jpg

Ikan cupang terbukti efektif memberantas jentik nyamuk.”

JAKARTA - Selain memiliki aneka warna dan sirip cantik yang memanjakan mata, ternyata ikan cupang memiliki manfaat lain.

Ikan yang tengah populer saat ini dipercaya dapat memutus rantai penyebaran demam berdarah dengue (DBD).

Melansir Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), hal ini diketahui dari laporan pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat.

Pada kegiatan tersebut, sebanyak 400 ekor ikan cupang dibagikan kepada masyarakat untuk disebar di tempat penampungan air.

Baca juga: Tiga Alasan Memulai Budidaya Cupang

Penyebaran ikan cupang ini dilakukan atas kerja sama Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Bandung, Pemerintah Kota Cimahi, dan Community Beta Cimahi (CBC).

Kepala SKIPM Bandung, Dedy Arief Hendriyanto mengatakan, ikan cupang memakan jentik-jentik nyamuk.

Penyebarannya di genangan air rumah warga bisa menjadi salah satu upaya memutus rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor DBD.

"Ikan cupang terbukti efektif memberantas jentik nyamuk,” tutur Dedy belum lama ini.

Jadi, memelihara cupang tidak hanya sebagai hobi, melainkan juga mencegah penyakit.

Hal ini bukan isapan jempol belaka, salah satu riset menyebut, ikan cupang lebih efektif menjadi predator alami jentik nyamuk dibanding ikan guppy.

Baca juga: Jenis Cupang Termahal di Dunia

Penelitian yang diterbitkan di Jurnal Sains Nasional Universitas Nusa Bangsa ini membandingkan daya predator antara ikan cupang dan ikan guppy.

Hasilnya, ikan cupang memiliki daya makan paling banyak mencapai 89 ekor jentik dalam waktu enam jam.

Sedangkan ikan guppy paling banyak hanya 47 ekor dalam waktu enam jam. 

Ikan cupang juga akan efektif ditempatkan pada bak-bak atau wadah penampungan air yang tidak bisa ditutup seperti penampung air hujan.

Related News