• 18 April 2024

Beli Rumah Impian Pakai Lovebird

uploads/news/2021/05/beli-rumah-impian-pakai-76082a0024f6334.jpg

"Alhamdulillah bisa nyicil beli rumah dari anak-anakan lovebird yang sudah lama saya breeding"

JAKARTA - Burung lovebird atau burung cinta merupakan burung salah satu burung dari spesies genus Agapornis. Burung ini memiliki ukuran badan yang relatif kecil, panjang sekitar 13 sampai 17 cm dan berat 40 hingga 60 gram. Pakannya pun sederhana, seperti biji-bijian, beri, buah-buahan, dan sayuran.

Terdapat sembilan spesies genus Agapornis diantaranya Agapornis roseicollis, Agapornis personata, Agapornis fischeri, Agapornis lilianae, Agapornis nigrigenis, Agapornis cana, Agapornis tarant, Agapornis Pullaria, Agapornis Swindernia.

Baca Juga: Jenis Pakan Terbaik untuk Lovebird

Lovebird terkenal dengan warna dan suara ngekek-nya yang khas. Di pasaran, burung ini di banderol dengan harga ratusan hingga jutaan rupiah. Semua itu tergantung kualitas dan jenis burung lovebird.

Selain itu, burung lovebird memiliki perilaku yang unik. Sesuai namanya, Lovebird dijuluki burung yang setia karena hidup sampai mati dengan pasangannya. Harga burung lovebird yang masih terbilang tinggi, menjadikan para penghobi burung kicau memanfaatkannya kedalam bisnis.

Nanda, salah satu peternak lovebird yang tinggal di Perumahan Pamulang Permai, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Nanda mengaku mulai terjun ke bisnis lovebird tahun 2016.

Baca Juga: Bisnis Kicauan Lovebird Kontes

“Awalnya itu dari tahun 2016 ke 2017. Kenapa saya pilih lovebird, karena saya suka dengan puncak mutasi genetiknya. Jadi lovebird ini yang saya tahu awalnya itu adalah lovebord biasa. Seperti ijo standard, kuning standard. Setelah dipelajari, ternyata lovebird ini memiliki mutasi yang lebih mewah lagi,” kata Nanda saat di wawancarai Jagadtani.id.

Nanda menjelaskan, Mutasi pada lovebird bermacam-macam. Contohnya Lovebird Pale Fallow, Dun Fallow, Bronze Fallow, Ashen Fallow. Perlu sahabat tani ketahui, untuk mencetak mutasi warna baru pada lovebird membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Warni-Warni Bisnis Lovebird

“Dengan kita kawin silangkan burung ini, tercipta warna yang lebih bagus lagi dan beda dari jenis lainnya. Harga burung yang mutasi ini juga lumayan. Saya breeding induknya saya tidak jual, tapi anaknya yang saya jual. Jadi saya anggap ini adalah ATM pribadi di rumah,” ujarnya.

Baca Juga: Lovebird, Burung Kicau Harga Selangit

Dari penjualan anakan lovebird tersebut, nanda mengaku pernah menyicil rumah dengan lovebird yang ia ternak. Tidak hanya itu, beberapa kendaraan dan barang miliknya ia dapatkan melalui hasil penjualan lovebird.

“Alhamdulillah bisa nyicil beli rumah dari anak-anakan lovebird yang sudah lama saya breeding. Saya angsur, yang angsur siapa? Yaa anak-anakan lovebird. Selain itu juga ada mobil, motor, barang-barang yang lainnya alhamdulillah bisa didapat dari penjualan lovebird,” ungkapnya.

Memiliki kurang lebih sekitar 40 pasang lovebird. Sempat tak direstui oleh istri untuk bisnis lovebird. Akhirnya ia meyakinkannya dengan pencapaian yang telah ia dapat.

Baca Juga: Kupas Rahasia Kicau Merdu Lovebird

“Saya kan sudah pelajarin yang mutasinya, saya ingin banyakin. Otomatis ngomong dulu sama istri, izin dulu. Awalnya dia keberatan di modal, karena modal nya cukup besar. Dia bilang, jangan dong cuma buat burung sekecil itu doang. Akhirnya dengan keyakinan dan konsistensi saya. Lovebird ini menciptakan mutasi yang bagus dan dijual dengan harga yang lumayan yang dapat memberikan keuntungan,” tutupnya.

Related News