• 19 September 2021

Bangkai Belalang yang Halal Dimakan

uploads/news/2021/05/bangkai-belalang-yang-halal-7628545b9d42e51.jpg
SHARE SOSMED

"Salah satu yang diharamkan bagi seorang Muslim ketika hendak menyantap makanan adalah memakan bangkai hewan. Namun, belalang adalah salah satu dari dua hewan yang halal dikonsumsi meski telah menjadi bangkai"

JAKARTA – Bagi umat muslim, semua yang berkaitan dengan kehidupan sudah diatur dalam kitab suci Al-Quran. Entah itu cara beribadah, aktivitas sehari-hari, bahkan cara dan pola makan pun sudah tertulis jelas didalamnya. Status halal makanan jadi patokan utama yang sangat diperhatikan oleh seorang Muslim sebelum hendak menyantap suatu hidangan.

Salah satu yang diharamkan bagi seorang Muslim ketika hendak menyantap makanan adalah memakan bangkai hewan. Namun, ternyata ada pengecualian sendiri untuk bangkai hewan yang bisa dikonsumsi oleh seorang Muslim. Dalam Islam, ternyata belalang adalah salah satu dari dua hewan yang halal dikonsumsi meski telah mati lebih dahulu.

Baca Juga : Kera dan Monyet itu Berbeda

“Ada dua hewan mati yang halal untuk dimakan yakni ikan dan belalang,” kata Nabi Muhammad berdasarkan HR Ahmad dan Ibnu Majah.

Alasan bangkai belalang diperbolehkan untuk dikonsumsi karena didalam tubuh serangga ini, tidak ada darah yang mengalir, berbeda dengan hewan ternak seperti sapi atau kambing.

Belalang bukanlah merupakan hewan yang langka. Belalang dapat kita jumpai di hutan, kebun, persawahan, atau bahkan halaman rumah kita. Jika Sahabat Tani sering berkunjung ke pedesaan, belalang sering dijadikan mainan bagi anak-anak desa setempat.

Baca Juga : KKP Dorong Nelayan Sadar Asuransi

Tak hanya menguntungkan, fakta mengejutkan mengungkap bahwa belalang bisa menjadi hama yang merusak ribuan tanaman dan bahkan kegagalan panen. Sejak zaman nabi musa telah disebutkan bahwa belalang menjadi hama yang andal.

Di Indonesia sendiri, pernah mengalami beberapa kali serangan hama belalang yang sangat mengejutkan. Kasus tersebut berlangsung di wilayah Sumba pada tahun 2016 oleh serangan belalang kembara yang menyebabkan ratusan hektar tanaman lenyap habis oleh serangga dengan jenis makanan herbivora ini.

Baca Juga: Tips Praktis Mengolah Ikan Asap

Berbicara mengenai struktur tubuhnya, serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya. Serangga yang sering dijumpai dengan warna hijaunya yang khas ini, umumnya memiliki sepasang sayap walaupun sayapnya kadang tidak dapat dipergunakan untuk terbang. Kemudian, ukuran tubuh belalang betina biasanya lebih besar dibandingkan dengan belalang jantan.

Baca Juga : Munchkin, Si Mungil Penuh Kontroversi

Tapi tenang Sahabat Tani, belalang menjadi salah satu serangga yang menguntungkan bagi manusia karena manfaatnya yang begitu banyak hingga bangkainya saja terbilang boleh untuk dimakan. Belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting bagi manusia, seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Manusia sejak dahulu telah dikelilingi oleh jutaan serangga yang bermanfaat dimanapun manusia berada.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App