• 28 March 2024

Wartawan Dilatih Ternak Nila

"Tak hanya mendapatkan penjelasan seputar budidaya ikan, para wartawan dalam kesempatan itu diberikan penjelasan cara membuat kolam terpal"

BOGOR - Sejumlah wartawan dari wilayah Jabodetabek mengikuti pelatihan budidaya ikan nila sistem bioflok. Kegiatan ini diadakan komunitas Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor, Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat.

JMI yang merupakan wadah bagi para penghobi mancing kini mengembangkan sayap usaha dengan membudidayakan ikan. Dalam proyek percontohan ini ada 10 kolam bioflok.

Baca Juga: Mengenal Vaksin Terbaru untuk Nila

Dalam kegiatan tersebut para wartawan dari berbagai media massa mendapatkan penjelasan seputar kebutuhan teknis media kolam sistem bioflok, pembesaran, pengolahan hingga penjualan ikan.

Rizal, pemateri yang juga pembudidaya ikan nila mengatakan dalam budidaya ikan nila yang harus diperhatikan adalah airasi, pH air, pemberian nutrisi dan lainya. Sebab, budidaya ikan nila berbeda dengan lele.

Baca Juga: Mengenal Hama dan Penyakit Nila

"Budidaya nila tidak bisa seperti lele, yang tinggal kita tabur benihnya kemudian beri pakan rutin, karena nila ini harus dicek setiap hari, terutama ketika hujan harus diminimalisir terkena air hujan," kata Rizal, baru-baru ini.

Tak hanya mendapatkan penjelasan seputar budidaya ikan, para wartawan dalam kesempatan itu diberikan penjelasan cara membuat kolam terpal, pemajangan instalasi airasi dan sebagainya.

Baca Juga: Nilai Srikandi, Ikan Unggulan KKP

Sementara itu, Ketua Umum JMI, Firman Wibowo mengatakan, kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi upaya ketahanan pangan khususnya para anggota dan umumnya masyarakat Indonesia.

"Dengan ini JMI ingin berkontribusi terhadap ketahanan pangan melalui sumber protein dengan budidaya ikan, sehingga kedepan ilmu ini juga bisa di tularkan kemasyarakat, dan kedepan bisa menyuplai ikan nila untuk masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Nila, Alternatif Penghias Kantor

Program entrepreneurship pelatihan dan usaha ikan nila dengan tema #Ayobangkit ini didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kegiatan itu dihadiri juga Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

Baca Juga: Kenali Penyakit Ikan Konsumsi

Related News