• 28 March 2024

Nila, Alternatif Penghias Kolam Kantor

uploads/news/2020/09/nila-alternatif-penghias-kolam-81357112f2fe29b.JPG

Kami tidak niat menjual, hanya untuk ikan peliharaan. Saat sudah besar ikannya dikonsumsi sendiri untuk teman-teman kantor.”

MERAUKE - Ikan nila menjadi salah satu harta karun yang ada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Ikan yang besarnya bisa mencapai 1-2 kilogram itu, bisa didapatkan langsung dari rawa atau kali untuk dikonsumsi oleh masyarakat dan diperjualbelikan.

Baca juga: Asyiknya Budidaya Ikan Nila Hitam

Melihat potensi yang melimpah, Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman, SP dan para staf-nya memanfaatkan sebagian lahan pekarangan kantor menjadi kolam ikan nila.

"Kolam ini untuk penampungan air mengantisipasi banjir di halaman kantor saat hujan, kita manfaatkan jadi kolam nila. Namun sekarang lagi musim kemarau, kolamnya kering jadi dipindahkan ke kolam kecil, sementara," tuturnya kepada JagadTani.id disela-sela kesibukannya, Selasa (8/9) kemarin.

Saat musim penghujan, kata Sudirman, ikan nila akan dilepas kembali ke kolam penampungan air.

Awalnya, bibit ikan nilai disebar sebanyak 500 ekor.

Sekarang, ikan-ikan tersebut sudah berkembang hingga 1.000 ekor.

Diakuinya, meski prospek bisnis budidaya ikan nila sangat baik ke depannya, namun kolam ikan nila tersebut hanya dibuat untuk menghiasi kantor dan tidak diperjualbelikan.

"Kami tidak niat menjual, hanya untuk ikan peliharaan. Saat sudah besar ikannya dikonsumsi sendiri untuk teman-teman kantor," tutur Sudirman.

Selain kolam ikan nila, halaman kantor seluas kurang lebih 5.000 meter itu juga ditanami bunga hias.

Ia mengaku, memiliki beberapa koleksi tanaman seperti, bugenvil, kaktus, kamboja, dan banyak lainnya.

"Saya berupaya membuat lingkungan kantor lebih segar, asri dan sejuk. Hidup terasa tenang dan nyaman. Ada kedamaian ditempat kerja dan dalam berpikir," ucap pria berdarah Jawa Barat ini.

Baca juga: Ladang Emas di Kolam Ikan

Ikan nila sendiri merupakan salah satu menu favorit yang sering dijajakan di Merauke, baik di warung kaki lima, warung makan, cafe, restoran, hingga hotel.

Ikan nila juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Related News