• 28 September 2021

Makanan Alami untuk Ikan Hias

uploads/news/2021/04/makanan-alami-untuk-ikan-91921ca5e005994.jpg
SHARE SOSMED

"Disamping mengandung gizi yang lengkap, pakan alami sangat mudah dicerna karena mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan.."

Jakarta - Kebutuhan akan pakan bagi binatang ternak menjanjikan peluang usaha yang sangat prospektif, termasuk  pakan alami untuk ikan. Apalagi harga lebih terjangkau dibanding pakan ikan pabrikan, serta manfaat yang cukup besar.

Sahabat tani, sudah tahu bellum kira-kira apa saja sih makanan alami untuk kesesahatan ikan hias? ikan hias membutuhkan nutrisi yang tepat agar dapat selalu sehat dan bertumbuh dengan baik. makanan alami dapat menjadi pilihan makanan yan tepat bagi ikan hias. 

Baca Juga: Tips Merawat Arwana Super Red

Pakan alami adalah makanan hidup bagi larva dan benih ikan yang mencakup fitoplankton, zooplankton, dan bentos serta berperan sebagai sumber protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Disamping mengandung gizi yang lengkap, pakan alami sangat mudah dicerna karena mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan di usus larva atau benih ikan yang belum berkembang alat pencernaannya.

Pakan alami biasanya memiliki ukuran yang kecil sesuai dengan bukaan mulut benih dan bergerak tidak begitu aktif sehingga mempermudah benih untuk memangsanya. Karena sifatnya yang hidup, pakan alami tidak mencemari media pemeliharaan larva atau benih ikan.

Baca Juga: Mengenal Si Agresif Ikan Komet

Jentik Nyamuk
Makanan ikan alami yang pertaman yaitu jentik nyamuk. kandungan protein pada jentik nyamuk memenuh gizi ikan dan membantu ikan hias dalam proses reproduksi. selain itu, banyak ikan hias kecil yang menyukainya.

Cacing Sutera
makanan ikan alami selanjutnya yaitu cacing sutera. makanan ini juga bermanfaat untuk mencerahkan warna ikan hias, terutama untuk ikan-ikan hias kecil.

Baca Juga: Menjaga PH Air Pada Louhan

Kutu Air
Para pecinta ikan hias pasti sudah akrab dengan kutu air. Kutu air menjadi salah satu pakan favorit karena ukurannya sesuai bukaan mulut ikan dan tentunya memiliki nilai protein yang cukup tinggi. Selain ikan hias, sejak lama zooplankton ini juga dijadikan sebagai salah satu sumber pakan alami benih ikan konsumsi. Kutu air merupakan makanan ikan hias yang banyak mengandung protein dan berguna untuk mencerahkan warna ikan hias.

Artemia
Artemia sangat baik untuk pakan ikan hias karena banyak mengandung pigmen warna yang diperlukan untuk variasi dan kecerahan warna pada ikan hias. Artemia merupakan jenis udang berukuran kecil. artemia cocok untuk diberikan pasa ikan hias yang masih berukuran kanak-kanak atau bayi (burayak).

Baca Juga: BCF, Ikan Hias yang Dilindungi

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App