• 26 April 2024

Resiko Konsumsi Ayam Setiap Hari

uploads/news/2021/04/fakta-konsumsi-ayam-setiap-3042117683c6c62.jpg

"Jika kamu adalah orang rata-rata dengan berat antara 65-75 kg, kamu membutuhkan setidaknya 200g itu setiap hari"

Jakarta – Adakah sahabat tani yang tahu memakan ayam setiap hari baik atau buruk? Hal ini, tentu saja buruk jika makan terlalu banyak. Namun, makan ayam setiap hari dalam porsi sedang, masih jadi perbincangan di beberapa pandangan. Ketika mengkonsumsi makanan non-vegetarian, orang sering berpikir bahwa makan daging setiap hari tidak baik.

Baca Juga: Resep Bola-bola Ikan Tongkol

Keyakinan ini tentu tidak benar. Menurut para ahli kesehatan, perlu mempertimbangkan memasak daging dan jenis daging yang akan dimakan. Jika berbicara tentang ayam, variasinya sarat dengan rempah-rempah, krim dan mentega. Jelas tidak sebanding dengan pola makan diet sehari-hari. Jika sahabat tani akan makan ayam setiap hari, maka yang dianjurkan adalah memanggangnya. Ketika disiapkan dengan cara yang sehat, tentu tidak masalah untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Melansir dari Times Of India, Menurut Siddhart Marya, ahli gizi menjelaskan nilai gizi dari dada ayam mentah berupa 100 gram hingga 124 kkal, 20 gram protein, dan 3 gram lemak. Siddhart mengatakan, "Jika kamu adalah orang rata-rata dengan berat antara 65-75 kg, kamu membutuhkan setidaknya 200g itu setiap hari," Katanya.

Baca Juga: Resep Menu Sahur Tinggi Protein

Perlu diketahui, ayam adalah salah satu sumber protein terbaik yang membantu membangun dan memelihara struktur dalam tubuh juga memecah racun. Ayam dikenal sebagai makanan yang nikmat dan lezat karena mampu membuat rasa lega datang dari asam amino yang disebut triptofan. Ini meningkatkan kadar serotonin di otak sahabat tani, sehingga dapat meningkatkan suasana hati.

Ayam merupakan sumber selenium yang baik, antioksidan dianggap memberikan efek positif pada penyakit degeneratif termasuk penyakit radang, masalah kardiovaskular dan neurologis. Hal ini juga berguna untuk melawan radikal bebas merusak sel tubuh.

Baca Juga: Tips Merawat Arwana Super Red

Kandungan tinggi vitamin B3 dapat mengubah karbohidrat menjadi energi dan demikian mengurangi kadar kolesterol serta resiko penyakit jantung.

Mengkonsumsi apa pun secara berlebihan tentu buruk dan aturan yang sama berlaku untuk ayam. Maka, makan ayam setiap hari tidak buruk, tetapi sahabat tani perlu berhati-hati untuk memilih yang tepat dan mengolahnya secara benar.

Baca Juga: Tips Menu Sehat Selama Ramadhan

Ayam dapat menyebabkan keracunan makanan karena adanya salmonella, bakteri yang ditemukan pada jenis unggas ini dapat menularkan penyakit kepada makanan. Jadi, berhati-hatilah.

Related News