• 20 April 2024

Resep Menu Sahur Tinggi Protein

uploads/news/2021/04/resep-menu-sahur-tinggi-64433c799851dfc.jpg

"Dengan menyajikan menu sehat mengenyangkan yang tahan lebih lama saat sahur, membuat tubuh kembali segar dan dapat beraktifitas sepanjang hari"

Jakarta – Selama bulan Ramadhan, asupan bernutrisi yang mengandung vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi sayuran setiap hari dapat membantu tubuh bertenaga serta gizi pun terpenuhi. Seperti mengkonsumsi olahan sayur sop, bayam, oseng brokoli, buncis dan sebagainya. 

Dengan menyajikan menu sehat mengenyangkan yang tahan lebih lama saat sahur, membuat tubuh kembali segar dan dapat beraktifitas sepanjang hari. Melansir dari The Fit Tutor, makanan yang mengenyangkan lebih lama itu mengandung serat, protein serta lemak. Para ahli menjelaskan hidangan yang mengandung banyak serat membuat tubuh lama dalam mengolah makanan.

Baca selengkapnya: Memilih Nutrisi Tepat Saat Puasa

Namun, seringkali menu yang hadir saat sahur ialah bermacam olahan sayur, baik itu oseng sayuran atau pun sop. Sehingga biasanya menu sahur pun tampak monoton dan membosankan.

Mengutip dari Egypt Independent, membagikan salah satu menu Itali sehat yang cocok disantap saat ramadhan. Meskipun kandungan kalorinya tinggi, campuran sup dan pasta yang creamy dapat merubah cita rasa lebih ringan dan mengenyangkan. Dari resep Itali ini sahabat tani hanya memerlukan krim saus untuk ayam, dan beberapa bahan pelengkap seperti jamur dan wortel.

Menurut penelitian makan jamur bisa lebih mengenyangkan ketimbang daging loh, sahabat tani. Tinggi kandungan protein serta rendah kalori membuat jenis sayuran ini banyak digemari masyarakat. Berikut resep menu western sahur yang bisa sahabat tani masak kembali di rumah.

Baca selengkapnya: Cukupi Kebutuhan Protein Selama Ramadhan

Ayam Jamur Krim Saus

Bahan yang dibutuhkan 1/2 kg dada ayam (potong dadu), cincang jamur secukupnya, cincang halus 3 wortel ukuran sedang, 2 kotak kecil krim kocok, garam dan merica secukupnya serta 1 sendok teh bawang putih dihaluskan.

Cara penyajiannya, Pertama, cuci ayam dengan air dan perasan lemon. Selanjutnya tambahkan garam dan merica ke ayam, dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Masukkan dua sendok makan minyak atau mentega ke dalam wajan. Tambahkan bawang putih, ayam cincang, dan aduk sampai ayam berwarna keemasan. Setelah itu masukkan jamur, wortel aduk selama satu menit. Tambahkan krim, garam dan merica. Kemudian tutup wajan selama 10 menit agar bumbu meresap. Terakhir, cocok untuk disajikan dengan nasi hangat.

Baca selengkapnya: Pisang Nugget Praktis untuk Sahur

 

Related News