• 29 March 2024

Sulap Kurma jadi Menu Kreatif

uploads/news/2021/04/sulap-kurma-jadi-menu-69259492b5c1c49.jpg

"Kurma merupakan buah yang disarankan oleh Nabi ketika hendak berbuka puasa"

JAKARTA – Beragam menu makanan dapat Sahabat Tani sajikan saat buka puasa. Selama bulan Ramadhan, biasanya banyak sekali menu yang dapat menggugah selera makan kita bukan? Namun, beberapa ahli menganjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Salah satunya dengan buah manis yang satu ini, yaitu kurma.

Kurma merupakan buah yang disarankan oleh Nabi ketika hendak berbuka puasa. Buah ini menjadi salah satu hidangan yang disarankan oleh ahli gizi dan para pakar kesehatan saat berbuka puasa karena bisa mengembalikan energi tubuh dengan cepat karena kandungan gula alaminya dan memperlancar sistem pencernaan.

Baca Juga: Memilih Nutrisi Tepat Saat Puasa

Nah, buah ini dapat Sahabat Tani makan secara langsung ataupun diolah menu yang lebih kreatif sehingga dapat menggugah selera. Misalnya dibuat sebagai menu "Date Balls". Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya seperti dikutip dari antara.

Sebelum itu, siapkan bahan-bahan terlebih dahulu berupa 12-14 buah kurma sebagai bahan utamanya. Sebaiknya, pilihlah kurma yang tanpa biji ya, Sahabat Tani. Hal ini agar proses masak jadi lebih mudah tanpa perlu pemijahan biji lagi.

Kemudian bahan selanjutnya yang perlu Sahabat Tani sediakan adalah kacang-kacangan tawar. Beberapa contoh kacang-kacangan tawar seperti almond, mete, pistachio bisa jadi salah satu pilihannya. Sahabat Tani bisa pilih sesuai selera. Lalu siapkan 1-2 sendok makan bubuk kakao dan 2 sendok makan selai kacang.

Baca Juga: Berburu Timun Suri Saat Ramadhan

Cara membuatnya cukup mudah dan praktis loh. Pertama, potong kacang-kacangan yang sudah dipilih kedalam food processor hingga mencapai ketebalan sesuai selera. Kalau tidak ada alat food processor, Sahabat Tani bisa lakukan secara manual dengan menumbuk kacang-kacangan menggunakan cobek . Lalu biarkan kacang yang ditumbuk sebagian tetap kasar sementara sebagian lainnya dijadikan bubuk halus.

Baca Juga: Pisang Nugget Praktis untuk Berbuka

Kedua, siapkan campuran selai kacang dan bubuk kakao. Kemudian aduk rata kedua bahan untuk mendapatkan adonan selai kacang cokelat. Lalu, potong buah kurma menjadi beberapa bagian kecil halus dan tambahkan kurma ke dalam campuranselai kacang yang sudah disiapkan. Aduk semua bahan menjadi satu.

Setelah itu, tambahkan kacang pelengkap seperti kacang mete dan lakukan pengadukan terakhir sampai semua campuran menyatu membentuk bola kasar. Tuang adonan dalam mangkuk pengaduk.

Baca Juga: Cukupi Kebutuhan Protein Selama Ramadhan

Tahap terakhir, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Tidak perlu dimasak, Sahabat Tani cukup simpan di dalam lemari es bagian freezer. Tunggu beberapa jam dan menu Date Balls siap disajikan.

Related News