• 4 May 2024

Cara Ternak Etawa Cepat Untung

"kalau ingin cepat untung otomatis kita harus jaga kualitas kambingnya juga"

Bogor - Bagi para peternak dan pembudidaya hewan mestinya tidak asing dengan kambing etawa. Kambing yang didatangkan dari India ini dikenal berbadan besar hingga mencapai bobot 91 kilogram. Ditinjau dari peran dan manfaatnya, kambing etawa termasuk yang sering diikutsertakan dalam ajang kontes.

Kambing etawa mempunyai postur tubuh besar, telinga panjang menggantung, bentuk muka cembung, bertanduk pendek, serta bulu pada bagian paha belakang cukup panjang. Kambing etawa mampu menghasilkan susu sebanyak 3-4 liter per hari dalam masa puncak laktasi. Salah satu peternak yang menjatuhkan pilihannya kepada kambing satu ini adalah Fuad Paturohman.

Peternak millennial asal Ciseeng, Kabupaten Bogor ini mengaku memilih etawa Sebab Kambing etawa tergolong kedalam jenis tipe kambing dwiguna, dapat dimanfaatkan susu dan juga dagingnya. Tak lupa, Fuad memberikan Tips khusus untuk sahabat tani bagaimana beternak etawa agar cepat untung.

Baca Juga: Ternak Etawa Untung Berlipat Ganda

 

“kalau ingin cepat untung otomatis kita harus jaga kualitas kambingnya juga. Yang pertama, soal kebersihan, kebersihan paling utama. Lalu kedua, kalau kualitas kambing disini makan sehari sekali. Karena pola pakan adalah kunci kesuksesan di peternakan. waktu itu saya belajar ke lumajang untuk mencari bagaimana sih menerapkan pola pakan yang baik di kandang, ternyata bukan dari jenis makanannya tetapi penempatan makannya berapa kali sehari, dan ternyata yang bagus ya hanya sekali sehari,” Pungkasnya.

Baca Juga: Ternak Etawa Bikin Etawa

Selain itu, yang perlu diperhatikan ketika terjun menggeluti bisnis peternakan kambing etawa adalah pemilihan bibit (anakan atau indukan) yang berkualitas baik. Fuad memberikan tips untuk pengadaan ternak tersebut, ada baiknya kita membeli dari kelompok ternak yang sudah terpercaya dan memiliki indukan atau anakan kambing yang berkualitas super.

“Kambing etawa yang baik untuk dijadikan pejantan adalah ternak yang memiliki postur punggung yang lurus, besar, kaki kokoh, tidak ada cacat fisik, serta sudah berumur lebih dari 1,5 tahun. Sedangkan kambing betina yang bagus untuk dijadikan indukan memiliki ciri berkaki lurus, bentuk tubuh proporsioal, bersikap jinak, memiliki jumlah puting lengkap dan jika diraba terasa kenyal, serta kambing bebas dari penyakit,” Ujar mantan pegawai BUMN itu.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Susu Kambing Etawa

Terakhir, Buat perhitungan yang cermat terkait dengan total pengeluaran yang diperlukan dengan jumlah modal yang dimiliki dan juga kemungkinan keuntungan yang didapat dari ternak kambing etawa. Fuad menyampaikan Mengkalkulasikan segala modal awal, jumlah pengeluaran, dan kemungkinan keuntungan merupakan hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis karena hal ini adalah cara untuk menghindari kerugian karena adanya pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

Related News