• 25 April 2024

Tips Penyiraman Untuk Vertical Garden

"Dalam sistem pengairan otomatis, sudah ada alat tersendiri yang terpasang pada struktur vertical garden sehingga sahabat tani tidak perlu menyirami tanaman secara manual menggunakan selang"

Tangerang - Untuk Sahabat tani yang memiliki taman vertical di rumah atau di kantor, pasti tahu jika taman jenis ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah tidak makan banyak tempat dan terbilang mudah perawatannya.

Untuk menyiramnya pun tak perlu menggunakan selang yang panjang lagi loh sahabat tani.

Ada cara lain untuk menyiram tanaman yang dibentuk secara vertikal. Karena salah satu aspek terpenting dalam merawat vertical garden adalah memperhatikan sistem penyiraman atau pengairannya.

Baca Juga: Ademnya! Cafe Bernuansa Tanaman Hias

Biasanya, ada dua cara paling umum yang digunakan dalam vertical garden. Cara yang pertama adalah menggunakan sistem penyiraman otomatis dan cara yang kedua adalah dengan sistem penyiraman manual.

Dalam sistem pengairan otomatis, sudah ada alat tersendiri yang terpasang pada struktur vertical garden sehingga sahabat tani tidak perlu menyirami tanaman secara manual menggunakan selang.

Hal ini lah yang diterapkan Dolly, Pemilik Warung Taman Bintaro ini memasang system penyiraman otomatis di Cafenya itu.

Baca Juga: Hadapi Pandemi dengan Vertical Garden

“Ya disini saya terapkan sistem pengairan irigasi namanya, jadi kita tetap harus melakukan buka tutup keran secara manual untuk mengairi vertical garden ini. Saya lakuakan ini agar semua tanaman tersiram dengan sempurna jadi tidak ada yang basah banget dan kering banget, kalau saya tinggal pergi juga bisa di otomatisin,” Ujarnya kepada Jagadtani.id belum lama ini.

Cara ini memanglah sudah modern, karena kita tinggal membuka keran lalu menunggu hingga semuanya basah.

Baca Juga: Panen Pakcoy di depan Rumah

“kalau sudah dinyalain kerannya pastikan bidang tanam dan tanaman dalam vertical garden sahabat tani sudah benar-benar basah dan terkena air sebelum menutup keran kembal supaya tanaman enggak terlalu basah erus jadi membusuk,” Ujarnya mengingatkan.

Air akan selalu mengalir saat dibutuhkan. Jika vertical garden di rumah sahabat tani menggunakan sistem penyiraman otomatis ini, pastikan sahabat tani sudah mengecek dengan rutin tiap bidang vertical garden yang ada.

Selain menyirami tanaman dengan rutin sahabat tani juga wajib memberikan pupuk secara berkala pada tanaman vertikal.

Baca Juga: Sprinkler Untuk Penyiraman Bawang Merah

“jangan lupa kita juga harus rutin membersihkan daun dan melakukan pemangkasan agar tanaman tetap terawat. Karena kalau daun-daunnya mengering dapat mengurangi estetika tanaman vertikal nantinya. Selain itu, jika terhalang oleh daun-daun kering yang tak pernah dibersihkan, tanaman juga akan berkurang kesuburannya,” Tutup Dolly.

Related News