• 27 April 2024

Inpari Zinc, Padi Tahan Banting

uploads/news/2021/03/inpari-zinc-padi-tahan-132075983a38590.jpg

Varietas ini banyak disukai petani di Bataguh, karena memiliki beberapa kelebihan seperti anakannya banyak, agak tahan terhadap penyakit, serta tahan genangan.

JAKARTA - Pada 2020 lalu, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian (Kementan) mengenalkan padi varietas Inpari IR Nutri Zinc.

Lalu, varietas tersebut diperkenalkan di kawasan Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah, yang merupakan daerah lahan rawa.

Menurut Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Karyadi, varietas Inpari IR Nutri Zinc mampu mencuri perhatian petani setempat.

Baca juga: Padi Inpari Zinc Cegah Stunting

Pasalnya, varietas ini memiliki daya tumbuh yang baik di lahan rawa.

Varietas ini banyak disukai petani di Bataguh, karena memiliki beberapa kelebihan seperti anakannya banyak, agak tahan terhadap penyakit, serta tahan genangan. Lebih dari itu, varietas ini juga tekstur nasinya pulen karena memiliki kadar amilosa 16,6%, serta kaya akan kandungan zinc 34,5i parts of million,” paparnya.

Sementara itu, menurut Wahyu, salah seorang petani yang menanam Inpari IR Nutri Zinc juga mengatakan, varietas tersebut memiliki pertumbuhan yang baik dan hasilnya akan dijadikan benih kembali.

Saya senang sekali melihat pertumbuhan Inpari IR Nutri Zinc, mudah-mudahan saat panen hasilnya memuaskan dan dapat menjadi benih yang baik,” kata Wahyu.

Berdasarkan hasil pengamatan para peneliti Balitbangtan di lapangan, beberapa lokasi pertanaman Inpari IR Nutri Zinc mulai memasuki masa panen di akhir Februari sampai dengan Maret 2021.   

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan), Balitbangtan, Priatna Sasmita juga menjelaskan, Inpari IR Nutri Zinc merupakan salah satu varietas yang diintroduksikan di lokasi Food Estate.

Ia juga mengatakan, nantinya hasilnya akan digunakan sebagai benih oleh para petani di musim tanam selanjutnya.

Baca juga: Kota Bogor Tanam Padi Anti-Stunting

Sejak diintroduksikan sudah banyak petani yang tertarik melihat pertanaman varietas Inpari IR Nutri Zinc ini. Karena, banyak yang menyukai hasil panen perdana ini agar dijadikan benih kembali untuk musim tanam selanjutnya,” ujar Priatna.

Lebih lanjut Priatna juga mengatakan, tujuan awal dari memperkenalkan varietas Inpari IR Nutri Zinc ini, karena mampu meningkatkan meningkatkan daya tahan tubuh para petani dan keluarganya di kawasan tersebut.

Karena varietas Inpari IR Nutri Zinc ini adalah salah satu varietas yang nutrisinya tinggi, yang manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta berbagai fungsi lainnya yang terkait kesehatan tubuh,” tutupnya.

Related News