• 4 April 2020

Kota Bogor Tanam Padi Anti-Stunting

uploads/news/2020/01/kota-bogor-tanam-padi-497518535bbbae3.jpg
SHARE SOSMED

Pengembangan padi varietas Inpari IR Nutri Zinc di wilayah Kota Bogor merupakan bagian implementasi dari Kementerian Pertanian dalam upaya pencegahan stunting.

BOGOR - Padi varietas Inpari IR Nutri Zinc tengah dikembangkan di Kota Bogor. Padi yang diklaim dapat mencegah stunting (kekerdilan) itu ditanam pertama kali oleh para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Delima di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogot Barat. Penyuluh Pertanian Kelurahan Situ Gede, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor, Muhammad Jono mengatakan, Kelompok Tani Delima mulai mengembangkan padi Inpari IR Nutri Zinc sejak 30 November 2019. Saat ini, benih padi ditanam pada lahan sawah seluas 1.000 meter persegi. 

"Sekarang ini sudah memasuki usia tanam dua bulan. Untuk panen perdana diperkirakan pada tanggal 10 Maret 2020 mendatang. Hitungan kita, dari luasan 1.000 meter persegi itu menghasilkan sekitar tujuh kuintal gabah," kata Jono, Selasa (7/1).

Baca juga: Bisnis Progresif Ikan Cichlid

Jono mengungkapkan dari informasi yang didapatnya, padi varietas ini akan dikembangkan di wilayah lain di Kota Bogor, seperti di Kecamatan Bogor Timur dan Bogor Selatan. Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan berupaya menyediakan benih padi Inpari IR Nutri Zinc pada 2020.

"Di Bogor Barat juga baru satu lokasi, ada tiga lokasi lagi belum ditanami selain di Bogor Timur dan Bogor Selatan. Nah, rencananya tahun ini dinas akan pengadaan benih padi tersebut untuk disebar pada lahan sawah seluas 50 hektare dengan target produksi mencapai 350 ton gabah," ungkapnya.

Baca juga: Berhenti Kerja jadi Peternak Sapi

Berkaitan hal ini, lanjut Jono, sebelum penanaman para penyuluh akan melakukan sosialisasi adanya varietas unggul baru tersebut kepada para petani. Selain itu, petani juga diberikan pelatihan serta pengetahuan mengenai cara menanam padi varietas ini agar tumbuh optimal. 

"Salah satu cara penanaman padi ini dengan sistem jajar legowo, kita juga berikan pengetahuan tentang cara pemupukan berimbang dan pembuatan pupuk organik cair. Untuk perawatan sendiri tidak berbeda sama saja dengan padi varietas lainnya," imbuhnya.

Baca juga: Merawat Cupang Ekor Mahkota

Jono menjelaskan bahwa pengembangan padi varietas Inpari IR Nutri Zinc di wilayah Kota Bogor merupakan bagian implementasi dari Kementerian Pertanian dalam upaya pencegahan stunting. Sebab, Inpari IR Nutri Zinc kaya akan Zn dengan kandungan rata-rata sebesar 34,51 ppm. 

"Iya, padi varietas Inpari IR Nutri Zinc memiliki kandungan Zn yang tinggi sehingga dapat mencegah stunting, khususnya untuk asupan bagi ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya," tukas Jono.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App