• 20 April 2024

Di Balik Pahitnya Daun Pepaya

uploads/news/2021/02/di-balik-pahitnya-daun-28209b03f7f82c6.jpg

Rasanya yang agak sedikit pahit, justru sangat disukai dan menjadi begitu nikmat saat berbaur dengan sambal terasi.

JAKARTA - Manfaat daun pepaya ternyata tak kalah hebatnya dibandingkan manfaat pepaya itu sendiri.

Pepaya (Carica papaya L.) umumnya diambil buahnya karena rasanya yang manis dan dikenal kaya akan manfaat kandungan nutrisi.

Namun daun pepaya tak kalah besar manfaatnya terhadap kesehatan tubuh dibanding buahnya.

Apa lagi, kebanyakan orang Indonesia, utamanya kaum wanita, umumnya menyukai daun pepaya untuk dijadikan sebagai lalapan.

Baca juga: Manfaat Membangun Daun Bangun-bangu

Rasanya yang agak sedikit pahit, justru sangat disukai dan menjadi begitu nikmat saat berbaur dengan sambal terasi.

Makan pun terasa makin lahap, karena ternyata manfaat daun pepaya juga dapat meningkatkan nafsu makan dan peluruh haid.

Melansir dari buku berjudul ‘56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan’ karya Yusuf CK Arianto, ada banyak nutrisi yang terkandung dalam daun pepaya, antara lain: enzim papain, dekstrosa, levulosa, alkaloid karpain, glikosida, karposid, sakarosa, serta pseudo-karpaina yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Kandungan enzim papain umumnya terdapat dalam getah pepaya, termasuk dari getah pada daun pepaya yang saat ini banyak dibutuhkan kalangan industri sebagai produk komersial.

Daun pepaya juga banyak mengandung protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin B1, kalori, lemak, kalsium, vitamin A, serta senyawa carposide yang berkhasiat dalam menangkal penyakit cacing.

Berikut ini manfaat daun pepaya dalam mengobati berbagai penyakit maupun untuk perawatan kecantikan:

Mengatasi diare dan penyakit cacingan

Kandungan senyawa karpain dalam daun pepaya berperan membunuh bakteri atau mikroorganisme jahat yang mengganggu metabolisme maupun pencernaan.

Begitu juga dengan senyawa carposide dalam daun pepaya juga berkhasiat dalam mengatasi cacing yang terdapat dalam perut.

Mengkonsumsi daun pepaya maupun rebusannya akan melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh, serta mengatasi masalah cacingan yang mengganggu perut.

Menyembuhkan batu ginjal

Daun pepaya yang kaya dengan kandungan senyawa aktif berkhasiat dalam mengobati penyakit kencing batu atau batu ginjal.

Membantu mengatasi kanker

Getah pada daun pepaya diketahui mengandung banyak senyawa aktif yang sangat berguna sebagai antioksidan dalam menangkal berbagai virus maupun bakteri jahat.

Meskipun belum banyak penelitian yang tertarik dalam menguak manfaat daun pepaya dalam menangkal kanker, namun daun pepaya diketahui berguna dalam membersihkan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Baca juga: Manfaat Super Brokoli bagi Tubuh

Mengobati demam berdarah

Untuk mengatasi penyakit demam berdarah, ambil dan bersihkan lima lembar daun pepaya lalu masak dengan setengah liter air hingga tersisa separuhnya.

Setelah itu, saring dan minum secara teratur.

Meredakan nyeri haid

Para wanita sudah sejak lama menggunakan daun pepaya untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri saat datang bulan.

Berdasarkan pengalaman, mereka mengkonsumsi air rebusan dari beberapa lembar daun pepaya yang dicampur dengan asam jawa dan gula sedikit.

Related News