• 20 April 2024

Manfaat Super Brokoli bagi Tubuh

uploads/news/2021/02/manfaat-super-brokoli-bagi-89900dfebc1d2c6.jpg

Karena itulah sayuran ini juga dikenal sebagai sayuran super yang sangat baik untuk menjaga kesehatan maupun menangkal berbagai penyakit mematikan.

JAKARTA - Mungkin beberapa dari Sahabat Tani ada yang sudah tahu besarnya manfaat brokoli untuk kesehatan, namun mungkin diantara kalian ada yang belum mengetahui detail khasiat sayuran ini.

Melansir dari buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan yang ditulis Yusuf CK Arianto, brokoli (Brassica oleracea) yang masuk ke dalam kelompok kubis-kubisan ini mirip dengan kembang kol, namun berwarna hijau dan umumnya sering dibuat sup, direbus, ataupun dibuat salad.

Bagian brokoli yang sering dimanfaatkan dan dikonsumsi yaitu bagian kepala bunga yang tersusun seperti rambut kribo.

Sayuran ini termasuk yang paling populer dan banyak digemari sebagai sayuran makanan.

Baca juga: Brokoli Tingkatkan Imunitas Lawan Covid-19

Apalagi, kandungan nutrisi brokoli dikenal kaya dengan vitamin C dan serat yang cukup tinggi, vitamin A, vitamin K, protein, karbohidrat, kalsium, kromium, serta zat besi.

Nilai gizi dalam brokoli juga diketahui berkhasiat sebagai pembangkit tenaga, juga mengandung senyawa glukorafanin dan isotiosianat, yang bersifat antikanker dan unsur phytochemical yang bersifat antioksidan untuk melawan berbagai penyakit.

Brokoli juga diketahui mengandung banyak nutrisi nabati seperti sulforaphane, tiosianat, isothiocyanate, indoles, dan flavonoid seperti zeaxanthin, beta-karoten cryptoxanthin, dan lutein.

Karena itulah sayuran ini juga dikenal sebagai sayuran super yang sangat baik untuk menjaga kesehatan maupun menangkal berbagai penyakit mematikan.

Dengan berbagai kandungan nutrisi, manfaat brokoli pun juga sangat banyak, seperti:

Menangkal dan mengobati berbagai jenis kanker

Banyaknya nutrisi dalam brokoli yang bersifat antikanker, khususnya dari senyawa phytochemical, yang sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk menangkal berbagai jenis kanker.

Mulai dari kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan jenis kanker lainnya.

Untuk menangkal kanker, sebaiknya makanlah brokoli dalam bentuk mentah.

Mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah

Besarnya kandungan serat pada brokoli, berguna untuk mengontrol dan menekan kadar kolesterol yang sangat berguna dalam menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.

Menekan risiko penyakit jantung

Kandungan karotenoid lutein pada brokoli berkhasiat untuk menangkal penebalan arteri pada jantung, sehingga bisa menekan risiko terhadap penyakit jantung maupun stroke.

Membantu menyembuhkan diabetes

Kandungan kromium yang banyak dalam brokoli berfungsi untuk mengatur insulin, sehingga sangat baik dalam mengontrol dan mengatasi penyakit diabetes.

Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan beta-karoten dalam brokoli berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan mata, mencegah penyakit katarak, serta melindungi mata dari degenerasi makula.

Baca juga: Rawat Jantung dengan Sayuran Cruciferous

Menjaga kesehatan tubuh

Kandungan vitamin C dan asam amino sulfur menjadi manfaat brokoli sebagai sayuran super untuk melakukan detoksifikasi, meningkatkan imun tubuh, sekaligus membersihkan tubuh dari berbagai racun berbahaya.

Membantu pencernaan dan menurunkan berat badan

Sayuran brokoli yang kaya serat, sangat berguna untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, sekaligus mendukung program diet untuk menurunkan berat badan.

Anti penuaan dini dan membuat awet muda

Kandungan senyawa sulforaphane dalam brokoli berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan serta peradangan akibat radiasi sinar ultraviolet.

Manfaat brokoli inilah yang berguna dalam menjaga kesehatan kulit, anti penuaan dini, serta membuat kulit dan wajah lebih segar, sehat, dan lebih bersinar.

Related News