• 28 September 2021

Manfaat Membangun Daun Bangun-bangun

uploads/news/2021/02/manfaat-membangun-daun-bangun-bangun-84639a48b1f8029.jpg
SHARE SOSMED

Daun yang memiliki aroma khas ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan yang tak kalah mengagumkan bagi kesehatan manusia.

JAKARTA - Di daratan Sumatera, daun bangun-bangun (Coleus amboinicus) terkenal sebagai pelancar air susu ibu (ASI).

Namun, daun yang memiliki aroma khas ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan yang tak kalah mengagumkan bagi kesehatan manusia.

Tanaman bangun-bangun merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh liar, bisa juga dibudidayakan dengan cara stek.

Secara fisik, tanaman ini memiliki ciri batang berkayu lunak dan beruas-ruas dengan daun tanaman ini tunggal, pinggirnya agak berombak, tulang daun menyirip, dan helaiannya bulat telur.

Baca juga: Cegah Diabetes dengan Daun Insulin

Tanaman ini mudah dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia, hanya saja penyebutan namanya mungkin berbeda-beda.

Di Sumatera Utara, daun ini dikenal dengan nama bangun-bangun, sedangkan di Sunda sebagai ‘ajeran’ atau ‘acerang’, di Jawa sebagai daun kucing, di Madura daun kambing, dan di Bali sebagai tanaman ‘iwak’.

Daun bangun-bangun tergolong sebagai tanaman herbal yang diyakini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Hal ini karena daun bangun-bangun memiliki kandungan nutrisi yang meliputi: protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, zinc, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Mengingat banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam daun bangun-bangun, tak heran bila daun ini dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut merupakan manfaat daun bangun-bangun yang dapat Sahabat Tani peroleh:

Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Daun bangun-bangun mengandung vitamin C, vitamin A, aneka mineral, serta antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Selain itu, kandungan antioksidan pada tanaman herba ini juga diketahui baik untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Tak hanya itu, beberapa riset bahkan menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada daun bangun-bangun juga dapat mencegah pertumbuhan sel tumor atau kanker.

Sayangnya, manfaat daun bangun-bangun tersebut masih terbatas pada studi berskala kecil di laboratorium, sehingga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, Sahabat Tani juga perlu menjalani gaya hidup sehat, yaitu dengan istirahat yang cukup, kurangi stres, olahraga secara rutin, dan konsumsi makanan bergizi seimbang.

Melancarkan ASI

Ibu menyusui perlu mencukupi asupan nutrisi dan cairan tubuhnya agar produksi ASI bisa berjalan lancar.

Selain itu, untuk memperlancar ASI, ibu menyusui juga bisa mencoba mengkonsumsi beberapa jenis makanan atau tanaman herbal, termasuk daun bangun-bangun.

Tanaman ini telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat alami untuk memperlancar ASI.

Ini dikarenakan daun bangun-bangun mengandung senyawa galaktagog yang dapat meningkatkan suplai ASI.

Melegakan saluran pernapasan

Secara tradisional, daun bangun-bangun telah banyak digunakan untuk mengatasi batuk dan membersihkan saluran nafas dari lendir.

Beberapa riset menyebutkan bahwa daun bangun-bangun memiliki sifat antibakteri dan efek ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak.

Efek tersebut menjadikan daun bangun-bangun baik dikonsumsi sebagai obat batuk alami untuk mengatasi batuk berdahak akibat flu atau ISPA.

Meredakan demam

Tanaman herbal yang satu ini diketahui dapat meredakan demam berkat kandungan zat anti radang di dalamnya.

Tak hanya itu, daun bangun-bangun juga memiliki efek antibakteri, sehingga dapat mengatasi infeksi kuman yang dapat menimbulkan demam.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai dosis yang tepat, efektivitas, serta keamanan daun bangun-bangun sebagai obat pereda demam.

Melancarkan buang air kecil

Daun bangun-bangun merupakan tanaman herbal yang juga dikenal memiliki efek diuretik alami, sehingga dapat merangsang pembentukan dan pembuangan urin.

Dengan lebih banyak mengeluarkan urin, zat beracun dan cairan berlebih dalam tubuh pun dapat dikeluarkan.

Efek ini membuat daun bangun-bangun baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan ginjal dan mencegah infeksi serta pembentukan batu di saluran kemih.

Menjaga kesehatan tulang

Daun bangun-bangun mengandung asam lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6, yang baik untuk kekuatan tulang dan sendi.

Studi mengungkapkan, kandungan omega-3 dan omega-6 bermanfaat untuk mencegah dan meringankan radang sendi serta memperbaiki kerusakan tulang dan sendi akibat penuaan.

Baca juga: Potensi Daun Sungkai Sembuhkan Covid-19

Bersama dengan kalsium dan vitamin D, kandungan asam lemak sehat dalam daun bangun-bangun tersebut juga baik untuk mencegah penyakit osteoporosis, terutama pada lansia.

Beberapa manfaat daun bangun-bangun di atas bisa Anda peroleh jika mengkonsumsinya sebagai suplemen atau jamu.

Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan daun bangun-bangun bagi kesehatan, terutama jika hendak dimanfaatkan sebagai obat.

Oleh karena itu, Sahabat Tani disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi daun bangun-bangun, terlebih jika kalian menderita penyakit tertentu, seperti gagal ginjal.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App