• 20 September 2021

Penambah Imun Wanita Usia 40-an

uploads/news/2021/01/penambah-imun-wanita-usia-42793b89d263e34.jpg
SHARE SOSMED

Menghindari rokok dan minuman beralkohol, dapat meringankan gejala menopause. Selain itu, menghindari makanan pedas, gorengan juga disarankan.”

JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, mayoritas wanita mengalami perlambatan metabolisme dan tubuh.

Selain itu, mereka juga kehilangan massa otot serta perubahan fisik terkait menopause.

Hal itu membuat wanita paruh baya lebih rentan mengalami peningkatan berat badan, perubahan suasana hati, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Manfaat dari Gurihnya Telur Asin

Pakar kebugaran dan gizi serta Vice President Vitabiotics Ltd, Rohit Shelatkar mengatakan, di usia 40-an tahun wanita mengalami perubahan yang signifikan.

Oleh karena itu, diperlukan nutrisi ekstra, pola makan sehat, dan olahraga teratur untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

"Menghindari rokok dan minuman beralkohol, dapat meringankan gejala menopause. Selain itu, menghindari makanan pedas, gorengan juga disarankan," ujar Shelatkar melansir ANTARA dari Indian Express, belum lama ini.

Untuk meningkatkan kesehatan wanita yang memasuki usia 40-an, berikut merupakan daftar makanan bernutrisi tinggi.

Chia seeds atau biji chia

Biji chia dikemas dengan serat, asam lemak omega 3 dan magnesium untuk kesehatan tulang dan protein nabati yang lengkap.

Karena mereka menyerap udara dengan sangat baik, mengkonsumsi biji chia dapat membantu memberikan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Biji chia dapat ditambahkan ke smoothie di pagi hari atau oatmeal untuk meningkatkan nilai gizi makanan.

Jeruk

Penelitian membuktikan buah jeruk seperti, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis, kaya antioksidan, serat, vitamin C, dan nutrisi lain, terbukti meningkatkan kesehatan otak, membantu menurunkan berat badan, melindungi jantung dan menjaga kulit tetap bercahaya.

Telur

Selain kaya akan vitamin D dan penuh zat besi, telur juga sumber protein yang bagus untuk wanita menopause dan mampu menurunkan risiko penyakit jantung serta obesitas.

Kandungan lemak sedang dan protein tinggi, ditambah sedikitnya jumlah karbohidrat dan gula, menjadikan telur pilihan yang sangat baik untuk wanita di atas 40 tahun.

Ikan berminyak

Lemak sehat yang ditemukan pada ikan berminyak seperti salmon dan trout, harus dikonsumsi setiap hari.

Makanan ini membantu memproduksi hormon yang diperlukan dalam tubuh wanita 

Mereka juga mendukung kesehatan otak, jantung, dan sendi.

Makanan dengan lemak sehat juga membantu menjaga perut tetap kenyang lebih lama.

Asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan berminyak, juga dapat membantu mengurangi gejala menopause seperti hot flashes dan keringat di malam hari.

Kacang

Kacang menjadi camilan mengenyangkan yang dapat membantu menurunkan berat badan karena kaya serat, memiliki lemak sehat, dan protein dalam jumlah yang tinggi.

Wortel

Dikemas dengan vitamin A, wortel membantu menjaga kulit tetap halus dan penglihatan tajam.

Sayuran ini juga mengandung serat dan memiliki bahan aktif, yang membantu melawan flek hitam, kerutan, dan jerawat.

Apel

Apel dikenal mampu menurunkan penyerapan lemak makanan berlebih oleh tubuh, hal ini juga membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, apel juga membantu masalah yang berhubungan dengan jantung.

Yogurt

Yogurt merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan kaya akan protein.

Selain itu, yogurt menjadi camilan yang sempurna untuk membuat mereka kenyang dan berenergi.

Baca juga: Lima Khasiat Jambu Kristal

Ditambah lagi, yogurt juga memiliki kultur aktif yang mendukung kesehatan usus.

Shelatkar mengatakan, banyak wanita merasa jika menurunkan berat badan setelah usia 40 tahun itu sulit dan hampir mustahil.

Namun, ini hanyalah mitos dan setiap wanita harus ingat, dengan jenis diet dan olahraga yang tepat, sangat mungkin untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App