• 6 Desember 2020

Mengatasi Ayam Stres saat Hujan

uploads/news/2020/11/mengatasi-ayam-stres-saat-777888b12fb026b.jpg
SHARE SOSMED

Pasalnya, curah hujan yang tinggi dapat memengaruhi kelembapan dan kualitas sumber air, serta pakan, baik secara fisik maupun biologis.”

JAKARTA - Untuk Sahabat Tani yang baru memulai usaha ternak ayam terutama ayam broiler atau layer, harus mewaspadai datangnya musim hujan.

Pasalnya, curah hujan yang tinggi dapat memengaruhi kelembapan dan kualitas sumber air, serta pakan, baik secara fisik maupun biologis.

Baca juga: Perawatan Ekstra Ayam Bangkok

Ayam juga akan lebih mudah mengalami stres dan mengalami penurunan daya tahan tubuh yang berujung pada penurunan produktivitas.

Namun, ada resep jitu dari peneliti dari Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP), Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian (Kementan), Abdullah Udjianto, yang sudah dibuktikan di kandang ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB) Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Desa Tugujaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, untuk mencegah stres pada ayam.

Baca juga: Menangani Penyakit Gumboro pada Ayam

Pertama, sediakan jahe merah sebanyak 150 gram, daun sirih 50 gram, daun pepaya 50 gram, bawang putih 150 gram, bratawali 50 gram, sambiloto 50 gram, cabai rawit 25 gram, minuman probiotik sebanyak dua botol, tepung beras sebanyak satu sendok makan, dan air sumur sebanyak 1 liter.

Pembuatannya sangat mudah. Blender semua bahan-bahannya dan masukan ke dalam jerigen. Kemudian tutup rapat, aduk dua kali sehari selama lima hari. Ramuan ini pun langsung diberikan dengan dosis 5 mililiter dan dicampur dengan 1 liter air,” ujarnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App