• 27 September 2020

Merawat Sapi dengan Benar

uploads/news/2020/09/merawat-sapi-dengan-benar-778018cb1bc0284.jpg
SHARE SOSMED

Untuk mendapatkan manfaat dari beternak sapi, sebelumnya kita harus memperhatikan cara merawat sapi yang baik dan benar.”

TANGERANG - Sapi merupakan hewan ternak yang mudah dijumpai oleh di masyarakat.

Sapi juga menjadi sumber protein hewani terpenting, dengan daging dan susunya, yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Alasan Daging Sapi Australia Berkualitas

Nuken, peternak sapi yang membuka usahanya di sekitar Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten, memberikan tips kepada Sahabat Tani cara merawat sapi dengan benar.

Untuk mendapatkan manfaat dari beternak sapi, sebelumnya kita harus memperhatikan cara merawat sapi yang baik dan benar. Dengan cara memperhatikan kesehatan sapi, kebersihan sapi, dan  memperhatikan pakan sapi,” katanya kepada Jagadtani.id belum lama ini.

Untuk memastikan kesehatan sapi, lanjutnya, biasanya dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang sapi.

Ia juga memastikan asupan cahaya matahari cukup dan tidak lupa memberikan vitamin B kompleks serta suplemen ternak untuk menambah nafsu makan.

Menurutnya, pakan sapi memiliki zat gizi dan memerlukan 10-12% pakan hijauan seperti, rumput dan jerami sebanyak tiga kali sehari, serta tambahan 1-2% dari bobotnya.

Baca juga: Berkunjung ke Kampung Sapi Junrejo

Nuken mengungkapkan kendala yang biasanya sering ia temui, seperti mencari jerami dah ampas tahu hingga ke Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Sapi-sapi ini harus dirawat dengan benar dan baik, agar daging dan susunya menghasilkan kualitas terbaik dan nilai harga yang tinggi. Walaupun di masa pandemi ini tidak mudah untuk merawatnya, karena kita berusaha sebisa mungkin untuk mencegah terkena virus COVID-19,” tutup Nuken.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App