• 27 September 2020

Pari Kekeh&Kikir Terancam Punah

uploads/news/2020/09/pari-kekeh-dan-kikir-775269ef65569f8.jpg
SHARE SOSMED

Akan ada ancaman degradasi habitat dan ekosistem di kawasan pesisir laut serta penangkapan ikan yang berlebihan (overfishing).”

JAKARTA - Dosen IPB University dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Dwi Putra Yuwandana mengungkapkan, biota laut pari kekeh dan pari kikir masih menjadi tangkapan yang bernilai bagi para nelayan asal Jawa Tengah, seperti di Kota Tegal, Kabupaten Pati, dan Rembang.

Baca juga: Potensi Tinggi Gelatin Ikan

Namun, menurutnya penangkapan dua biota laut tersebut perlu dipantau, karena telah masuk dalam daftar spesies yang terancam punah.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi yang digelar oleh Fisheries Resources Center of Indonesia (FRCI) dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah di Semarang beberapa waktu lalu.

Diskusi tersebut juga diikuti oleh peserta dari Pelabuhan Perikanan di lingkup wilayah Provinsi Jawa Tengah, Yayasan Rekan Nusantara, Wildlife Conservation Society (WCS) Indonesia.

FRCI sendiri merupakan kelompok kerja ilmiah yang fokus di bidang sumber daya ikan di Indonesia.

Dosen IPB University dari Departemen PSP sekaligus anggota FRCI, Dr. Budy Wiryawan juga mengatakan, tantangan perikanan di Jawa Tengah yaitu terkait perizinan.

Hasil tangkapan yang tidak terlaporkan dan pengaturan penangkapan yang belum optimal.

Akan ada ancaman degradasi habitat dan ekosistem di kawasan pesisir laut serta penangkapan ikan yang berlebihan (overfishing),” imbuhnya.

Baca juga: Manfaat Sesungguhnya dari BSF

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Kurniawan Priyo Anggoro mengatakan, dari riset-riset yang telah dilakukan, diharapkan terbangun sinergi yang baik untuk pengelolaan perikanan tangkap yang berkelanjutan di Jawa Tengah.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App