• 28 September 2021

Manfaat Sesungguhnya dari BSF

uploads/news/2020/08/manfaat-sesungguhnya-dari-bsf-4911966cd968cfc.jpg
SHARE SOSMED

Lalat BSF dapat diekstrak dalam bentuk protein murni dan minyak. Kulit pupa BSF juga dapat diekstrak menjadi chitosan.”

JAKARTA - Black soldier fly (BSF) atau dikenal sebagai lalat tentara hitam, memiliki manfaat yang banyak baik untuk pangan, maupun sebagai pakan.

Umumnya, BSF dapat ditemukan dan hidup pada limbah organik seperti limbah pertanian, limbah organik rumah tangga, maupun limbah organik dari pasar.

Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) University dari Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Dewi Apri Astuti menjelaskan, lalat BSF ternyata juga dapat dibudidayakan pada media limbah sawit.

Baca juga: IPB Kenalkan BSF ke Masyarakat

Limbah sawit yang dimaksud yaitu, bungkil sawit, pelepah sawit, serat, daun sawit (tanpa lidi), tandan kosong, maupun batang sawit.

Limbah sawit tentunya dihancurkan terlebih dahulu supaya tidak keras bagi larva lalat BSF. Kadar protein dari limbah sawit ini berkisar antara 2-16%, kalau serat kasarnya bisa mencapai 48%,” jelas Prof Dewi dalam keterangan tertulis IPB University belum lama ini.

Kandungan nutrisi lalat BSF yang tinggi, dapat dimanfaatkan sebagai pakan ayam, puyuh, kambing, ikan udang, maupun dibuat sebagai bahan chitosan dan anti bakteri.

Ekstrak lalat BSF, juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti antibiotic growth promoters (AGPs) pada industri pembesaran ayam. Sementara untuk pakan puyuh, formula pakan BSF dapat meningkatkan performa produksi puyuh mencapai 62%.

Baca juga: Maggot Kota Bogor Tembus Inggris

Lalat BSF dapat diekstrak dalam bentuk protein murni dan minyak. Kulit pupa BSF juga dapat diekstrak menjadi chitosan,” tambah Prof Dewi.

Ekstrak kitin maupun chitosan BSF, dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang seperti pertanian, pangan, farmasi dan medis, kosmetik, bioteknologi, tekstil, industri kertas, maupun sebagai purifikasi air. 

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App