• 26 April 2024

Menilik Kecanggihan Mesin Pertanian YH850

uploads/news/2020/06/menilik-kecanggihan-mesin-pertanian-73651a94b8d11d7.jpg

Dengan adanya Grain Tank Model (model tangki gabah) terbaru ini dengan salah satu combine harvester (mesin panen padi) paling populer kami YH 850.”

JAKARTA - Suara mesin menggema dari Mesin Panen Padi YH 850 buatan Yanmar Co., Ltd., produsen peralatan industri asal Jepang, di lahan pertanian Desa Tampabulu, Kecamatan Poleang Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Dengan cepat, mesin yang merupakan grain tank model atau model tangki gabah itu, membabat lahan padi yang sudah menguning.

Menurut Presiden Direktur PT. Yanmar Diesel Indonesia, mesin pemanenan gabungan YH 850 sangat disenangi oleh pasar Indonesia sejak diluncurkan pertama kali pada Agustus 2017 lalu.

Baca juga: Modernisasi Tingkatkan Produksi Pertanian Jateng

Karena itu, pada Oktober 2019 lalu, PT. Yanmar Diesel Indonesia untuk pertama kalinya meluncurkan mesin pemanenan gabungan dengan tangki gabah.

Yanmar terus berupaya dalam memberikan solusi untuk pertanian Indonesia. Dengan adanya Grain Tank Model (model tangki gabah) terbaru ini dengan salah satu combine harvester (mesin panen padi) paling populer kami YH 850. Saya harap. kami dapat membuat kerja petani Indonesia lebih efisien dan menguntungkan,” ujar Kai Yasuda dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Mesin panen padi YH 850 tipe tangki gabah menggabungkan model tangki pemanen yang memungkinkan para petani untuk mengumpulkan tanaman padi dengan cara yang lebih efisien.

Para petani dapat mengumpulkan tanaman padi tanpa sering berhenti dan khawatir kapan harus mengganti karung, karena tangki mesin tersebut memiliki kapasitas sebesar 1.670 liter.

Selain itu, mesin secara otomatis akan memberi tahu pengguna ketika tangki penuh.

Model ini juga dapat meminimalkan hilangnya waktu dan hasil panen dibandingkan dengan model standar yang mengharuskan karung diganti secara manual.

Adapun beberapa fitur canggih milik pemanen gabungan YH 850, yaitu:

SmartAssist-Remote

SmartAssist-Remote memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi penting tentang unit mereka melalui fitur antarmuka pengguna intuitif yang bahkan dapat diakses dari smartphone.

Selain itu, terdapat juga fitur geolokasi yang memungkinkan operator untuk melihat secara tepat di mana peralatan mereka berada dan bagaimana kinerjanya. 

Teknologi ini juga dapat mengeluarkan peringatan ketika mesin beroperasi di luar parameter yang telah ditetapkan atau jika peralatan bergerak melampaui batas yang ditentukan.

Hasilnya tentu bisa mempersingkat waktu kerja, pendapatan lebih besar dan memberikan ketenangan pikiran bagi para petani. SmartAssist-Remote merupakan standar untuk YH 850.

Mesin yang Kuat dan Hemat Bahan Bakar

Pemanen gabungan YH 850 dari Yanmar hadir dengan mesin diesel direct-injection TNV yang kuat dan efisien untuk menciptakan tenaga tinggi dengan konsumsi bahan bakar rendah dan daya tahan yang luar biasa. 

Sistem Rotor Ganda.

YH 850 memilah biji-bijian dengan rotor depan dan rotor thresher atau sistem rotor ganda.

Rotor perontok dengan panjang 1.850 milimeter dan diameter milimeter memproses perontokan lebih lama untuk menyaring biji-bijian secara akurat. 

Selain itu, pemisah pengayun besar dengan ukuran 1.410 milimeter x 850 milimeter dapat memisahkan biji-bijian dan jerami secara efisien bahkan dengan jumlah yang besar.

Beban Kerja Serbaguna.

YH 850 sangat bagus untuk digunakan di sawah dan ladang.

Dengan teknologi kontrol Hydraulic Levelling Systems (HLS), teknologi tersebut akan membuat unit menyesuaikan posisi header dengan kondisi lahan secara otomatis, sehingga header akan tetap rata dan hasil pemotongan juga rata.

Baca juga: Drone Harapan Petani Temanggung

Ketinggian roda dapat disesuaikan dari 330 milimeter hingga 460 milimeter, agar sesuai dengan kondisi lapangan.

Ground clearance yang bagus merupakan kunci untuk menghidupkan dalam kondisi berlumpur, dan 460 milimeter merupakan ground clearance tertinggi untuk mesin panen padi di Indonesia. 

Selain itu, pengumpan dapat mengumpulkan padi 
meski pun sudah menempel, miring atau panjang dengan tinggi maksimum 150 sentimeter.

Related News