• 2 May 2024

Paket Ikan Sehat dari KKP

uploads/news/2020/05/paket-ikan-sehat-dari-4817688e03c8986.jpg

Sehubungan di Indonesia sekarang terkena wabah Covid-19, maka Bulan Mutu Karantina tahun ini fokus kepada dua kegiatan utama, salah satunya adalah membagikan ikan sehat bermutu.”

BOGOR - Bulan Mutu Karantina 2020 kembali menyapa di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar KIPM Jakarta I sebagai pelaksana program berbagi ikan sehat bermutu untuk melawan Covid-19 kini menyasar di tiga wilayah, yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi Ikan

Penyerahan bantuan KKP-BKIPM dilakukan secara simbolis oleh Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya yang kemudian diserahkan kepada perwakilan masyarakat dari tiga wilayah di Balaikota Bogor, Senin (18/5).

Adapun bantuan yang diserahkan sebanyak 2,6 ton ikan beku, 1,3 ton ikan olahan dan 3.900 ikan kaleng yang sudah dikemas sebanyak 1.300 paket dimana setiap paket berisi 2 kilogram ikan beku, 1 kilogram olahan otak-otak ikan dan 3 ikan kaleng. 

Paket-paket tersebut dibagi dalam tiga tahap, yakni tahap 1 pada 16 Mei 2020 sudah diserahkan 200 paket di Kota Bogor, tahap 2 pada 17 Mei 2020 di Kabupaten Cianjur sebanyak 500 Paket dan untuk tahap 3 atau hari ini di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor sebanyak 600 paket.

Kepala BKIPM, Rina mengatakan, Bulan Mutu Karantina 2020 merupakan program tahunan BKIPM yang bertujuan untuk menambah asupan protein dari ikan sehat dan bermutu, sehingga menambah kekebalan tubuh masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

"Sehubungan di Indonesia sekarang terkena wabah Covid-19, maka Bulan Mutu Karantina tahun ini fokus kepada dua kegiatan utama, salah satunya adalah membagikan ikan sehat bermutu," kata Rina kepada JagadTani.id, belum lama ini.

Selain memberikan paket, KKP-BKIPM juga mensosialisasikan seputar pengenalan ikan sehat dan bermutu serta informasi-informasi yang berkaitan dengan karantina kepada masyarakat. 

"Jadi tidak hanya sekedar membagikan paket saja, tapi di dalamnya ada informasi-informasi mengenai ikan sehat itu seperti apa, untuk supaya mutunya baik seperti apa dan lainnya," papar Rina. 

Diluncurkan pada 22 April 2020 oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, penyerahan bantuan KKP peduli Covid-19 dalam rangka Bulan Mutu Karantina 2020 digelar di 47 UPT BKIPM di 34 provinsi. Sebanyak 19.608 Paket sudah dibagikan kepada masyarakat di sejumlah daerah Indonesia.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga 30 Juni 2020.

"Sesuai arahan Bapak Menteri, karena kita bermitra dengan Komisi IV DPR maka selalu mengajak terutama mereka yang paham dimana konstituen terkait dengan perikanan. Jadi, paket ini diantarkan langsung secara door to door ke rumah masyarakat yang membutuhkan sesuai rekomendasi dinas terkait," terangnya.

Dalam penyerahan bantuan KKP-BKIPM turut dihadiri anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat III, Budhy Setiawan dan Hj. Endang Setyawati Thohari.

Selain itu hadir juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S. Rasmana. 

Anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat III, Budhy Setiawan mengatakan, salah satu program KKP-BKIPM yang dilaksanakan bekerja sama dengan anggota DPR dari Komisi IV yang menjadi mitra kerja dalam hal pendistribusian bantuan.

"Dalam pendistribusiannya, anggota DPR melalui jaringan relawannya memberikan bantuan sosial ini secara door to door ke rumah masing-masing, sehingga untuk menghindari adanya pengumpulan massa," kata Budhy ditemui di tempat terpisah.

Budhy melanjutkan, bantuan produk-produk perikanan baik berupa ikan segar maupun kaleng dari hasil nelayan maupun industri perikanan ini setidaknya telah membantu juga penyerapan hasil perikanan.

Baca juga: Menggunakan Teknologi Bioflok atasi Stunting

Karena, lanjutnya, belakang ini kondisinya lesu disebabkan banyak hotel, restoran dan usaha makanan pada tutup. 

"Jadi kementerian di samping membantu sisi pembeliannya kepada nelayan yang membeli barang-barang meraka dan menyampaikan juga kepada masyarakat. Bantuan ini dikhususkan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19," tandasnya.

Related News