• 29 March 2024

Tingkatkan Imunitas dengan Konsumsi Ikan

uploads/news/2020/03/tingkatkan-imunitas-dengan-konsumsi-15053c1853ad32a.jpg

Ini salah satu upaya karena makan ikan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Makan ikan itu menyehatkan dan buat tubuh kita kuat.”

JAKARTA - Rutin mengkonsumsi ikan ternyata dapat membuat daya tahan tubuh meningkat. Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri. Menurutnya ikan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki kandungan protein tinggi, lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, vitamin A, D, B6, dan B12, serta mineral yang semuanya baik untuk daya tahan tubuh.

“Ini salah satu upaya karena makan ikan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Makan ikan itu menyehatkan dan buat tubuh kita kuat,” katanya dalam keterangan tertulis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) belum lama ini.

Baca juga: Tanaman Obat Keluarga Penangkal COVID-19

Untuk itu, KKP pun gencar mengampanyekan Gerakan Memasyarakat Makan Ikan (Gemarikan) di tengah pandemi Coronavirus Disease-19 (Covid-19). Kampanye tersebut merupakan upaya KKP mencegah penyebaran Covid-19. Demi mendapatkan manfaat terbaik, Rokhmin pun menghimbau masyarakat untuk memasak ikan dengan cara yang baik dan bersih.

Di samping itu, ia juga mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dengan sayur dan buah. Sampai saat ini, memang belum ditemukan vaksin Covid-19. Sehingga ajakan makan ikan, sambung Rokhmin, sebagai langkah antisipasi penularan. Menurutnya, KKP akan terus mengkampanyekan Gemarikan ke berbagai daerah di Indonesia.

Tujuan lain yang tak kalah penting, kampanye Gemarikan untuk membantu tumbuh kembang anak menjadi cerdas dan sehat. Rokhmin menambahkan, KKP juga aktif menjaga kualitas ikan sebelum sampai ke tengah masyarakat. Untuk memastikan ikan yang masuk tidak terpapar virus, KKP melakukan deteksi menggunakan alat pendeteksi modern.

"Kami punya alat deteksi virus canggih. Dipastikan konsumi ikan bebas virus corona," ujar Rokhmin.

Baca juga: Meluruskan Khasiat Jahe Merah

Sementara itu, angka masyarakat sadar makan ikan cenderung naik setiap tahunnya. Tahun lalu, jumlahnya mencapai 54,45 kilogram per kapita, sedangkan pada 2018 sebanyak 50,9 kilogram per kapita. KKP menargetkan tingkat konsumsi ikan naik menjadi 56,39 kilogram per kapita di tahun ini.

"Ikan air tawar maupun laut baik dikonsumsi. Semuanya bikin sehat dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh," ujar Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Machmud.

Related News