• 29 March 2024

Lempuyang Diklaim dapat Obati Meningitis

uploads/news/2020/04/lempuyang-diklaim-dapat-obati-851473fb9f03bb1.JPG

Jenis lempuyang rimpang yang wangi memiliki sifat anti-mikroba berpotensi dapat mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

JAKARTA - Masyarakat Indonesia, saat ini tentunya mengenal sejumlah macam rempah-rempah yang biasa dikonsumsi saat membuat jamu tradisional, seperti jahe, kunyit, sereh, daun sirih, temulawak dan sebagainya.

Faktanya, terdapat satu tanaman lagi yang berkhasiat untuk mengobati penyakit dikonsumsi sebagai jamu, namun tak banyak yang mengetahuinya. Ya, namanya lempuyang yang merupakan jenis rempah dari keluarga Zingiberaceae.

Baca juga: Jus Mengkudu dapat Menyembuhkan Meningitis?

Tanaman ini biasa dikenal sebagai puyang dan memiliki tiga varietas yaitu, lempuyang pahit atau emprit, lempuyang gajah, dan juga lempuyang wangi. Jenis tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional, tanaman hias dan juga sebagai bumbu masakan.

Melansir dari Hellosehat.com Lempuyang memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Setidaknya, terdapat tiga jenis senyawa utama yang terkandung dalam lempuyang yaitu seskuiterpen, monoterpen, dan senyawa fenolik.

Jenis lempuyang rimpang yang wangi memiliki sifat anti-mikroba dan berpotensi dapat mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Hasil penelitian membuktikan, dari ekstrak rimpang lempuyang wangi memiliki efek positif pada Bacillus subtilis.

Jenis ini merupakan bakteri penyebab penyakit meningitis, infeksi mata, endokarditis dan sebagainya. Maka lempuyang dapat menjadi obat rekomendasi untuk Sahabat Tani yang memiliki penyakit tersebut.

Meningitis sendiri merupakan penyakit yang ada pada peradangan atau pembengkakan, selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang  disebabkan oleh berbagai organisme seperti bakteri, jamur atau virus. Kondisi tersebut dapat dikatakan sebagai kondisi serius yang mengancam jiwa.

Mengutip dari Kompas.com ada beberapa jenis meningitis, salah satunya yaitu meningitis jamur yaitu meningitis yang disebabkan oleh infeksi jamur yang disebut Cryptococcus atau penyakit radang selaput otak langka. Infeksi jamur tersebut kemungkinan dapat menyerang tubuh seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, namun jenis meningitis yang satu ini tidak dapat menular.

Sementara terdapat jenis meningitis yang berbahaya bagi tubuh yaitu meningokokus yang merupakan bentuk meningitis bakteri akut yang disebabkan oleh Neisseria meningitidis. Meningitis meningokokus sangat berisiko karena berpotensi menyebabkan epidemi besar.

Pada 19 Februari 2018 menurut data dari Who.int, bakteri Neisseria meningitidis berpotensi menyebabkan epidemi skala besar. Dua belas jenis N. meningitidis, yang disebut serogroup, telah diidentifikasi di seluruh dunia, enam di antaranya (A, B, C, W, X dan Y) dapat menyebabkan epidemi yang menghancurkan.

Distribusi frekuensi serogrup ini bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Meningitis sendiri dapat diobati dengan cara mengkonsumsi olahan lempuyang sebagai jamu.

Baca juga: Manfaat Kesehatan dari Dalgona Coffee

Menurut Infoimunisasi.com, disarankan untuk melakukan mandi air hangat saat sebelum tidur menggunakan suhu air hangat 35° C. Namun sebelum melakukan mandi air hangat, kompres kepala dan dahi menggunakan waslap dingin.

Setelah it,u rendamkan tubuh di bak mandi selama 45 menit. Selamat mencoba Sahabat Tani, semoga dapat membantu! 

Related News