• 18 April 2024

Buah Naga, Si Merah Bermanfaat

uploads/news/2020/03/buah-naga-si-merah-76940261d386ec8.jpeg

Biasanya buah-buah yang berwarna cerah, sama halnya dengan buah naga (merah) akan memiliki kandungan dan kadar antioksidannya yang jauh lebih tinggi”

JAKARTA – Saat mendengar kata buah naga, orang akan merasa heran dan takut. Mungkin karena awalan dari nama buah tersebut naga maka banyak orang akan berpikir bahwa bentuknya pun akan seperti seekor naga yang besar dan menyeramkan. Tapi tidak dengan buah yang satu ini, bentuknya yang unik dan termasuk ke dalam golongan kaktus. Buah naga (Hylocereus undatus) merupakan buah yang berasal dari negara Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan bahkan sudah di ekspor dari berbagai negara bagian Asia Tenggara.

Bentuknya yang unik dapat mencuri perhatian para pecinta buah. Mulai dari kulitnya yang berwarna merah dan terkadang ada yang berwarna kuning. Buah jenis seperti kaktus ini memiliki daging yang sama seperti buah kiwi, namun ada yang berwarna merah dan ada pula yang berwarna putih. Melansir Detik.com, Bahwa buah naga memiliki daging berwarna merah dan putih namun ternyata daging yang berwarna merah mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi. Pendapat itu disampaikan oleh ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND.

“Biasanya buah-buah yang berwarna cerah, sama halnya dengan buah naga (merah) akan memiliki kandungan dan kadar antioksidannya yang jauh lebih tinggi,” kata Leona seperti melansir Health.detik.com, belum lama ini.

Baca juga: Jambu Biji Berpotensi Cegah Covid-19

Buah naga merupakan buah yang rendah kalori serta memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin B, vitamin C, kalsium, protein, fosfor,captin, fiber dan antioksidan. Buah yang berasal dari Amerika ini memiliki banyak kandungan manfaatnya, khususnya bagi penduduk Cina dan Vietnam yang telah mempercayai bahwa buah naga dapat membawa berkah bagi kehidupan di lihat dari bentuk dan warnanya yang unik.

Dikutip dari Merdeka.com, manfaat yang terkandung dalam buah naga pun sangatlah banyak, berikut beberapa manfaat buah naga yang dapat Sahabat Tani nikmati: Membantu mengurangi berat badan, saat sedang menjalani program diet akan lebih ditekankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah kalori, maka dari itu buah naga merupakan salah satu anjuran untuk dikonsumsi saat sedang diet karena kandungan serat yang tinggi akan membantu menurunkan berat badan. Membantu proses detoksifikasi, penelitian di laboratorium mengungkapkan buah naga sebagai sumber anti-oksidan yang dapat melancarkan proses pengeluaran racun dalam tubuh sehingga makanan yang telah di konsumsi akan di pilah mana yang baik untuk tubuh dan mana yang hanya sebagai racun.

Baca juga: Khasiat Besar Daun Ubi Jalar

Mencegah tekanan darah tinggi maupun serangan jantung merupakan keinginan semua orang, dengan demikian buah naga memiliki biji yang mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang dipercaya dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular sehingga dapat mencegah gangguan serangan jantung mendadak. Membantu masalah pencernaan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga ia mampu melancarkan pencernaan untuk mencegah terjadinya sembelit. 

Related News